Moral Education Based On Religion, Philosophy, Psychology And Sociology

Murjani Murjani, Ujang Nurjaman

Abstract


Permasalahan krisis moral dikalangan para remaja belakangan ini telah menjadi masalah yang cukup serius dimana hasil penelitian membuktikan angkanya selalu bertambah. Dari fakta-fakta yang muncul, permasalahan yang terjadi para kalangan muda dipengaruhi oleh beberapa faktor lingkungan, sekolah dan keluarga dimana dalam permasalahan ini peranan orang tua sangat penting untuk melakukan tindakan preventif atas perilaku yang bersifat normatif dan hal ini pun harus ditanamkan sejak dini agar fase-fase pertumbuhan emosional, sosial, bahasa dan moral seorang anak dapat terkontrol. Pendidikan moral bertujuan Tujuan pendidikan moral adalah untuk pembentukan karakteryang terwujud dalam kesatuan esensial antara si subjek dengan perilaku dansikap hidup yang dimilikinya. Substansi dari pendidikan moral adalah membentuk kepribadian yang paripurna bagi setiap anak.Perlu dipahami bahwa semuanya harus berorientasi pada fungsi pendidikan yaitu sebagai fungsi adaptasi, fungsi pengembangan dan fungsi bermain dan didasari pada 6 prinsip, yaitu prinsip pengamatan, peragaan, bermain sambil belajar, otoaktivitas, kebebasan dan prinsip keterkaitan dan keterpaduan.


Keywords


Moral education. Religion, Philosophy, Psychology and Sociology

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M Amin. “Falsafah Kalam Di Era Postmodernisme,” 1995.

Abdurrrahman, Jamal. Tahapan Mendidik Anak Teladan Rasulullah, Terj. Bandung: Irsyad Baitus Salam, 2005.

Al-Bantani, Muhammad Nawawi. Uqud Al-Lujain Fi Bayani Huquqi al-Zaujain. Semarang: Maktabahwa Mathba’ah Thoha Putra, n.d.

Amin, Ma’ruf, and M. Nasruddin Anshary. “Pemikiran Syaikh Nawawi Al-Bantany.” Pesantren VI, no. 1 (n.d.).

Brubacher, John S. On the Philosophy of Higher Education. Revised Edition. The Jossey-Bass Series in Higher Education. ERIC, 1982.

Dewantara, Agustinus. “Filsafat Moral (Pergumulan Etis Keseharian Hidup Manusia),” 2017.

Durkheim, Emile. Pendidikan Moral: Suatu Studi Teori Dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan (Terj.). Translated by Lukas Ginting. Jakarta: Erlangga, 1990.

Giddens, Anthony. Social Theory of Modern Societies: Anthony Giddens and His Critics. Cambridge University Press, 1989.

Hakim, Dian Mohammd. “Pendidikan Moral Dalam Perspektif Shaykh Nawawi Al-Bantany.” Andragogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2019): 15–29.

Izutsu, Toshihiko. Relasi Tuhan Dan Manusia: Pendekatan Semantik Terhadap Al-Qur’an. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2003.

Kirschenbaum, Howard. 100 Ways To Enhance Values and Morality in Schools and Youth Settings. ERIC, 1995.

Langeveld, Martinus Jan. Beknopte Theoretische Pedagogiek. Wolters-Noordhoff, 1979.

Machmud, Hadi. “Urgensi Pendidikan Moral Dalam Membentuk Kepribadian Anak.” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 7, no. 2 (2014): 75–84.

Moore, TW. Introducción a La Filosofía de La Educación. Trillas México, 1987.

Mulyana, Rohmat. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2004.

Mutahhari, Murtaza, Muhammad Babul Ulum, and M Edi Hendri. Filsafat Moral Islam: Kritik Atas Berbagai Pandangan Moral. Jakarta: Penerbit al-Huda, 2004.

Santrock, John W. Child Development. New York: McGrow, 2007.

Sjarkawi. Peran Moral, Intelektual, Emosional, Dan Sosial Sebagai Wujud Membangun Jatidiri. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Syukur, Suparman, and Anang Haris Himawan. Etika Religius. Pustaka Pelajar, 2004.

Undang-Undang, Republik Indonesia. “No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Bandung: Citra Umbara, 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i1.815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.