Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi

Gunawan Gunawan, Ujang Nurjaman

Abstract


Dewasa ini pendidikan kita yang diharan mampu mengangkat ketidakberdayaan masyarakat agar tumbuh dan berkembang serta dapat mensejahterakan ternyata masih memiliki banyak masalah yang terus menyelimutinya. Banyak perilaku masyarakat yang tidak lagi menghormati norma-norma susila dan agama, tawuran antar pelajar dan penyimpangan-penyimpangan lainnya. Hal ini semakin mempertegas bahwa pendidikan kita perlu mengembangkan dan mengedepankan nilai-nilai yang dapat menjadi pedoman masyarakat. Lembaga pendidikan seperti halnya sekolah dan pesantren memegang peranan penting dalam mengembangkan nilai-nilai tersebut, sehingga dapat menjadi pedoman bagi para peserta didik atau santri untuk menjalani kehidupannya. Sistem nilai dalam proses pendidikan kehidupan manusia tidak lepas dari nilai, dan nilai itu selanjutnya perlu diinstitusikan yang tentunya institusionalisasi nilai yang terbaik adalah melalui upanya pendidikan.


Keywords


Pendidikan, Agama, Filsafat, Psikologis, Sosiologis

Full Text:

PDF

References


Abas, Ros Arianti. “Konsep Kecerdasan Majemuk Perspektif howard Gardner Dan Penerapanya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah,” 2016.

Hamersma, Harry. Tokoh-Tokoh Filsafat Barat Modern. Jakarta: Gramedia, 1992.

Marwiyah, Syarifatul. “Konsep Pendidikan Berbasis Kecakapan Hidup.” Jurnal Falasifa 3, no. 1 (2012): 75–97.

Nata, Abuddin, dan Fauzan. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005.

Nurhadi, dan Agus G.S. Pembelajaran Konstektual Dalam Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang, 2004.

Pidarta, Made. Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2007.

Roza, Ellya. “Naskah Melayu Digital: Sebuah Inovasi Sumber Kajian Pendidikan Islam Berbasis Information and Communication Technology (Ict).” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 5, no. 1 (2019): 44–63.

Satriadin, Satriadin. “Landasan Sosiologis Dalam Pendidikan.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 1, no. 2 (2017).

Sholichah, Aas Siti. “Teori-Teori Pendidikan dalam Al-Qur’an.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 01 (2018): 23–46.

Sobur, Alex. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia, 2016.

Soyomukti, Nurani. Teori-Teori Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

Sukardjo, M, dan Ukim Komarudin. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.

Triwiyanto, Teguh. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i1.817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.