Model Kepemimpinan Pendidikan Masa Depan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi

Muhidin Arifin, Ujang Nurjaman

Abstract


Dewasa ini, dibutuhkan sosok pemimpin yang mampu memimpin dan menjadi teladan bagi bawahannya untuk bersama melakukan perubahan ke arah positif. Kepemimpinan merupakan suatu hal yang dinamis, berubah, dan berkembang sesuai masanya sehingga banyak konsep gaya kepemimpinan yang berkembang. Permasalahan dalam makalah ini adalah Dari uraian di atas dapat dirumuskan permasalahan dalam makalah ini, yaitu: Bagaimana Model kepemimpinan pendidikan masa depan berbasis agama, filsafat, psikologi, dan sosiologi. Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahuii, menganalisis dan mendapatkan informasi model kepemimpinan pendidikan masa depan berbasis agama, filsafat, psikologi, dan sosiologi. Hasil kajian ini menyebutkan bahwa model kepemimpinan berbasis agama meletakkan dasar teologis yaoitu Alquran yang relative banyak memberikan karakteristik kepemimpinan, dari aspek filsafat kepemimpinan mengacu dalam beberapa prinsip Filsafat ini mengakui bahwa yang abadi adalah nilai-nilai dan bukan sesuatu yang kelihatan. Kehidupan manusia adalah perwujudan dari nilai-nilai yang abadi. Dalam filsafat nilai yang terpenting adalah esensi dari kehidupan manusia. Dari basis pskiologis kepemimpinan bersinggungan dengan optimism dan harapan, sedangkan dari basis sosiologis Pemimpin merupakan figur sentral dalam kelompok sosial atau masyarakat, sesuai dengan posisi yang ditempatinya dia memegang peran penting dalam mengatur kelangsungan hidup kelompok, seperti membina hubungan antar peribadi, menciptakan suasana yang harmonis, mengatasi ketegangan dan konflik.


Keywords


Kepemimpinan, agama, filsafat, psikologis dan sosiologis

Full Text:

PDF

References


Amrozi, Shoni Rahmatullah. Menggagas Pemimpin Masa Depan. Jember: Pena Salsabila, 2010.

Anita, NMY, I W Karyasa, dan I Nyoman Tika. Filsafat Ilmu. Singaraja: Undiksha Press, 2013.

Asmani, Jamal Ma’mur. Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional: Panduan Quality Control bagi Para Pelaku Lembaga Pendidikan. Jogjakarta: DIVA Press, 2009.

Endraswara, Suwardi. Falsafah Kepemimpinan Jawa: Butir-Butir Nilai yang Membangun Karakter Seorang Pemimpin Menurut Budaya Jawa. Yogyakarta: Narasi, 2013.

Fatah, Syukur. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Semarang: Rasail, 2008.

Hartono, Meilani. “Kepemimpinan Pendidikan Indonesia pada Era Milenium.” Diterima dari https://pgsd. binus. ac. id/2018/11/23/kepemimpinan-pendidikan-indonesia-pada-era-milenium, 2018.

Hendropuspito, OC. Sosiologi Agama. Yogyakarta: Kanisius, 2000.

Hidayat, Ara, dan Imam Machali. Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Pustaka Educa, 2012.

Irawan, I Ketut Angga. “Persona Pemimpin Muda Di Era Revolusi Industri 4.0,” 1–10, 2019.

Kartono, Kartini. Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu? Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Liliweri, Alo. Wacana Komunikasi Organisasi. Bandung: Mandar Maju, 2004.

Luthans, Fred, James B Avey, Bruce J Avolio, dan Suzanne J Peterson. “The Development And Resulting Performance Impact Of Positive Psychological Capital.” Human resource development quarterly 21, no. 1 (2010): 41–67.

Luthans, Fred, Bruce J Avolio, James B Avey, dan Steven M Norman. “Positive Psychological Capital: Measurement and Relationship With Performance and Satisfaction.” Personnel psychology 60, no. 3 (2007): 541–72.

Mastuti, Fauziyah, dan Tukiman Taruno. “Pola Kepemimpinan Organisasi Pendidikan di Jawa Tengah Ditinjau dari Filsafat Pendidikan Menurut Kaplan,” 2009.

Yuniarti, Anita, dan Desi Yustari Muchtar. “Pengaruh Modal Psikologis Dan Persepsi Gayakepemimpinan Transformasional Terhadap Workplace Well Being.” TAZKIYA: Journal of Psychology 4, no. 2 (2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i1.818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.