Pengembangan Media Interaktif Teknologi Menjahit Sebagai Scaffolding Penguasaan Pengetahuan Konseptual

Christiana Sukmawati, Dewi Suliyanthini, Shinta Doriza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mata pelajaran teknologi menjahit bagi siswa kelas X Kompetensi Keahlian Tata Busana di Sekolah Menengah Kejuruan dengan kompetensi dasar menganalisis keselamatan dan kecelakaaan kerja. Metodologi penelitian ini menggunakan model R n D Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi sembilan tahapan yang meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan pembuatan produk, pengembangan format produk awal, uji coba awal, revisi produk awal, uji coba lapangan, revisi produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan, dan revisi produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif dinilai layak untuk digunakan berdasarkan hasil persentase dari ahli materi sebesar 91.67% dan ahli media sebesar 90%. Kelayakan media pembelajaran berdasarkan respon dari siswa juga dinyatakan layak dengan persentase 89% untuk uji coba pada kelompok kecil dan 87% untuk uji coba pada kelompok besar. Efektivitas penggunaan media interaktif teknologi menjahit dinilai cukup baik, hal tersebut dapat dilihat dari kenaikan rata-rata hasil evaluasi berupa tes. Saat dilakukan pre test dan post tes di uji coba kelompok kecil mengalami peningkatan rata-rata nilai sebesar 17.5 dengan nilai rata-rata pre test 69.5 dan post test 87, sedangkan saat di uji coba di kelompok besar juga ada peningkatan nilai rata-rata yang cukup baik sebesar 14 dengan nilai rata-rata pre test 71 dan rata-rata post test 85. Media interaktif teknologi menjahit dapat digunakan sebagai scaffolding penguasaan pengetahuan konseptual siswa.


Keywords


Media Interaktif, Scaffolding, Menjahit

Full Text:

PDF

References


Alake, E. M., & Ogunseemi, O. (2013). Effects of Scaffolding Strategy on Learners ’ Academic Achievement in Integrated Science at The Junior Secondary School Level. European Scientific Journal, 9(19), 149–155. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.19044/esj.2013.v9n19p%25p

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Dikshit, J., Garg, S., & Panda, S. (2013). Pedagogic Effectiveness of Print, Interactive Multimedia, and Online Resources: A Case Study of IGNOU. International Journal of Instruction, 6(1), 195–210. https://doi.org/10.12973/iji.2016.9115a

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitataif. Rajagrafindo Persada.

LEOW, F.-T., & NEO, M. (2014). Interactive Multimedia Learning: Innovating Classroom Education in A Malaysian University. Turkish Online Journal of Educational Technology, 13(2), 99–110.

Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.

Periangan, B. (2011). Perancangan Media Interaktif Belajar Mengenal Angka Bagi Anak Prasekolah. Universitas Komputer Indonesia.

Suhito. (2018). Menumbuhkan Kemampuan Kognitif Dimensi Konseptual dalam Perkuliahan Geometri pada Jurusan Matematika FMIPA Unnes. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 464–470. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20133

Wakhidah, N. (2016). Strategi Scaffolding Inspiring-Modeling-Writing-Reporting (IMWR) Dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep [Universitas Negeri Surabaya]. http://digilib.uinsby.ac.id/15748/




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i1.823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.