Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Materi Pancadhamma Terhadap Minat Belajar Siswa

Dwiyono Putranto

Abstract


Minat belajar di SMP N 2 Donorojo cenderuh masih rendah hal ini dapat dilihat dari hasil observasi peneliti pada saat melakanakan tugas PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) di SMP N 2 Donorojo, Masalah yang terjadi adalah kurangnya minat dalam belajar pendidikan agama Buddha dari masing-masing siswa. salah satu masalah yang timbul adalah guru dalam menyampaikan bahan pelajaran hanya menggunakan bahasa lisan atau tulisan dan jarang sekali disertai alat pendukung yang lebih konkrit yang dapat memperjelas materi yang disampaikan sehingga kurang adanya minat belajar yang tinggi dari siswa. Peneliti kemudia melakukan penelitian dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dalam menyampaikan materi pembelajaran  Pancadhamma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, jumlah sampel yang diambil sebanyak 24 siswa. Instrumen yang digunakan adalah analisis data dilakukan dengan analisis non parametrik teknik t-test.

Berdasarkan hasil persentase Analisis t-test menunjukkan bahwa Penggunaan media Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Buddha berpengaruh signifikan terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Buddha pada siswa kelas VII SMP N 2 Donorojo. Hal ini terbukti dari hasil statistik paired sample t test yang menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig lebih kecil dibandingkan dengan daftar pada taraf signifikan 5% yaitu 0,000 ≤ 0,03. Selanjutnya, pencapaian Minat belajar juga mempunyai nilai yang baik. Nilai rata-rata pree test atau sebelum perlakuan 58% dengan kategori CUKUP dan setelah diberi perlakuan atau post test meningkat sebesar 70%, Sehingga secara keseluruhan Minat belajar siswa setelah penggunaan Media Pembelajaran Interaktif diperoleh rata-rata sebesar 70% dan termasuk dalam kategori TINGGI.


Keywords


Media Pembelajaran Interaktif, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi Abu dan Umar. 1998. Psikologi Umum. Surabaya: PT. Bina Ilmu.

Angutara Nikaya III. 2003. Numerical Discourses Of the Buddha. Klaten: Vihara Bodhivamsa.

Ariani, Harianto. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta. Prestasi pustaka.

Arifin, R Sjakyakirti. 2004. Pemilihan media dan pola interaktifitas pada program multimedia intruksional. Jakarta: pustekom.

Arikunto Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aqip Zaenal. 2013. Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran Konstektual. Bandung. CV. Yrama Widya.

Danim Sudarman. 2008. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dhammapada A. 2005. Kisah-kisah Dhammapada. Medan: karya Maju

Hamalik Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Adiyata.

Hurlock B, Elizabeth. 1994. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehiduan. Jakarta: Erlangga.

Kaharuddin Pandit j. 2005. Abhidhammathasangaha. Tangerang: Vihara Padumutara.

Kartini, Kartono. 1980. Psikologi umum. Yakarta: Y.P.K (yayasan penerbit Kosgoro).

Majjhima Nikaya 2. 2005. The Middle Length Discourses Of The Buddha. Klaten: Vihara Bodhivamsa.

Miarso, Yusuf hadi. 2005. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta. Kencana.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Nurkancana Wayan. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Purwanto. 2004. Pemilihan Media. Jakarta: pustekkom

Rohani Ahmad. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadiman AS. 1984. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Samyutta Nikaya 2. 2005. The Conected Discourses Of The Buddha. Klaten: Vihara Bodhivamsa.

Samyutta Nikaya 5. 2009. The Conected Discourses Of The Buddha. Klaten: Vihara Bodhivamsa.

Sardiman, A. M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Samana A. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta. Penerbit Kanesius.

Slameto. 1988. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.

Sudiman, Arief, S. DKK. 2003. Media Pendidikan (Pengertian, pengembangan, dan Pemanfaatannya). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuanti Tatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuanti Tatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuanti Tatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Woolfolk Anita. 2009. Educational Psycology active learning edition. Yogyakarta. Pustaka Belajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i1.828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.