Permasalahan Proses Pembelajaran Kimia Secara Daring Pada Peserta Didik Di Masa Pandemi

Sukrawati Arni, Khalimatus Sa'diyah, Siti Murtiningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengenali dan memperoleh gambaran tentang permasalahan pembelajaran kimia secara daring. Khususnya pembelajaran kimia yang dilaksanakan di MAN Kota Batu. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa lembar angket. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik MAN Kota Batu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan yang terjadi antara lain: pertama, peserta didik merasa kesulitan dalam memahami topik pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Kedua, peserta didik merasa tidak bersemangat untuk belajar. Ketiga, peserta didik tidak menguasai topik pembelajaran kimia dasar Untuk mengatasi permasalahan tersebut: pertama, kreativitas guru dalam mengemas konsep pembelajaran kimia sangat diharapkan peserta didik yang memiliki akses internet dan alat pendukung pembelajaran daring yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotor sehingga pembelajaran daring berjalan dengan baik. Kedua, guru diharapkan mengupayakan kesesuaian penggunakan metode pembelajaran dengan topik yang akan dibahas. Dengan demikian materi yang disampaikan oleh guru maupun yang dipelajari secara mandiri oleh peserta didik dapat dikuasai dan dimengerti. Kemudian peserta didik  akan bersemangat untuk belajar walaupun dilakukan secara daring.


Keywords


Permasalahan, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Kimia, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Angga Sugiarto (2020) “Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Keperawatan Pasca Pandemi Covid 19,” Jurnal Perawat Indonesia, 4(3), pp. 432–436.

Argaheni, N. B. (2020) “Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia,” PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2), p. 99. doi: 10.20961/placentum.v8i2.43008.

Dewi, W. A. F. (2020) “Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar,” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), pp. 55–61. doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.

Herliandry, L. D. et al. (2020) “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), pp. 65–70. doi: 10.21009/jtp.v22i1.15286.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H. and Widuroyekti, B. (2020) “Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Sinestesia, 10(1), pp. 41–48. Available at: https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44.

Mar’ah, N. K., Rusilowati, A. and Sumarni, W. (2020) “Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar,” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, p. 446.

Muskania, R. and Zulela MS (2021) “Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19,” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), pp. 155–165. doi: 10.29407/jpdn.v6i2.15298.

Putria, H., Maula, L. H. and Uswatun, D. A. (2020) “Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, 4(4), pp. 861–870. doi: 10.31004/basicedu.v4i4.460.

Rumata, F. ’Arif and Suyadi, S. (2021) “Dampak Pemaksaan Pembelajaran Daring Dalam Pendidikan Islam Selama Pandemi COVID-19 Perspektif Neuosains,” SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 8(3), pp. 755–768. doi: 10.15408/sjsbs.v8i3.18573.

Syarifudin, A. S. (2020) “Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing,” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), pp. 31–34. doi: 10.21107/metalingua.v5i1.7072.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i1.830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.