Pengelolaan Pembelajaran Maharah Istima’ dan Kalam Oleh Himpunan Mahasiswa Prodi PBA STIQ Amuntai

Alfianor Alfianor

Abstract


Pengelolaan pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dan utama untuk memudahkan jalannya suatu pembelajaran. Pengelolaan yang baik dan benar akan memudahkan mencapai tujuan pembelajaran dan menghasilkan output yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Namun, jika pengelolaan pembelajaran tidak disusun dan dirancang dengan baik dan benar maka dalam proses pembelajaran akan mengalami problem dan kendala yang menyebabkan tidak stabilnya pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pengelolaan pembelajaran maharah istima’ dan maharah kalam oleh HMP PBA STIQ Amuntai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data menggunakan Teknik Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini memberikan gambaran dan informasi bahwa pengelolaan pembelajaran maharah istima’ dan maharah kalam oleh HMP PBA STIQ Amuntai sudah tersusun secara terstruktur dan berjalan dengan baik. Namun, ada beberapa hal yang masih belum terpenuhi sebagaimana layaknya pengelolaan pembelajaran yang baik dan benar. Seperti halnya belum adanya penyusunan evaluasi pembelajaran yang benar-benar dapat mengukur dan mengetahui berhasilnya suatu pembelajaran. Penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada para pengajar dimanapun berada, baik secara teoretis maupun secara praktis. Sehingga diharapkan juga dengan adanya penelitian ini bisa menjadi masukan bagi HMP PBA STIQ Amuntai untuk lebih menyempurnakan dan memperbaiki program atau pengelolaan pembelajaran maharah istima’ dan maharah kalam.


Keywords


Pengelolaan, Maharah Istima’, Mahaah Kalam, HMP PBA STIQ Amuntai

Full Text:

PDF

References


Daryanto. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Djabidi, Faizal. Manajemen Pengelolaan Kelas. Malang: Madani, 2017.

Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.

Hamdayama, Jumanta. Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2016.

Idrus, L. “Evaluasi dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9, no. 2 (2019): 1.

KBBI Offline versi 1.2, t.t.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.

———. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Nuriyah, Nunung. “Evaluasi Pembelajaran: Sebuah Kajian Teori.” Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 3, no. 1 (2016).

Nurlaila. “Urgensi Perencanaan Pembelajaran Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru.” Jurnal Ilmiah Sustainable 1, no. 1 (2018).

“Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007,” t.t.

Ramayulis. Metode Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2005.

Samiudin, H Samiudin H. “Peran Metode untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran.” Jurnal Al-Murabbi 2, no. 1 (2016): 41–58.

Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2015.

Setyosari, Punaji. “Pembelajaran Kolaborasi Landasan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial, Rasa Saling Menghargai dan Tanggung Jawab.” Pidato Pengukuhan Pendidik Besar dalam Bidang Ilmu TEP pada FIP UM disampaikan pada sidang terbuka Senat UM 14 (2009).

Smith, Patricia L, dan Tillman J Ragan. Instructional Design. NY: John Wiley & Sons, 2004.

Sudirman. Ilmu Pendidikan. Bandung: Sinar Baru, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i2.869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.