Syekh Nawawi Al-Bantani: Kajian Pemikiran Pendidikan Islam dan Relevansinya di Abad-21

M. Afiqul Adib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengingat kembali pemikiran salah satu ulama besar di Indonesia yang karyanya cukup dikenal di berbagai dunia: Syekh Nawawi al-Bantani. Pemikiran beliau yang tidak banyak lagi dikaji oleh kalangan muda akan dicari dan dianalisis relevansi pemikirannya dengan dunia pendidikan di abad-21 ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library reseach (kepustakaan) dengan menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan menggambarkan secara sistematis dan faktual tentang fakta yang ditemukan, kemudian diolah dan dianalisis sesuai prosedur yang ada. Dengan demikian diharapkan penelitian ini dapat menyajikan laporan yang berisi tentang kajian pemikiran Islam perspektif Syekh Nawawi al-Bantani. Hasil temuan menunjukkan bahwa pemikiran Syekh Nawawi al-Bantani dalam pendidikan rasanya masih bisa diterapkan dalam beberapa hal, khususnya bidang akhlak, karena di era modern ini yang hilang dari kita adalah akhlak. Namun perlu diakui bahwa tidak ada teori yang mutlak kebenarannya, karena itu perpaduan berbagai teori tetap perlu dilakukan untuk memajukan pendidikan Indonesia khususnya pendidikan Islam.


Keywords


Syekh Nawawi al-Bantani, Pemikiran Pendidikan Islam, Abad-21

Full Text:

PDF

References


Adib, M. A. (2022). Kecerdasan Interpersonal dan Urgensinya Bagi Guru PAI. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(1).

Amalia, A. (2019). Aplikasi Teori Kebutuhan Maslow dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Implementasi Pendekatan Humanistik). Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(2), 25–42.

Amin, S. M. (2019). Syaikh Nawawi al-Bantani Tokoh Intelektual Pesantren. Jurnal Ilmiah Studi Islam, 19(1), 136–148.

Arif, M. M. (2021). Pendidikan Islam dalam Pandangan Syekh Nawawi al-Bantani dan Implikasinya di Era Modern. Tadris, 15(1), 52–67.

Azra, A. (2012). Tradisi dan modernisasi di tengah Tantangan Milenium III. Kencana Prenamedia Grup.

Bashori. (2017). Pemikiran Pendidikan Syekh Nawawi Al-Bantani. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 37–58.

Burhanuddin, M. S., & Qudsy, S. Z. (2019). Kajian Kontemporer terhadap Karya Nawawi Al- Bantani. DINIKA: Academic Journal of Islamic Studies, 4(1).

Dewi, R. K. (2019, September 8). Viral Guru Dianiaya, Apakah Peran Pengajar Sudah Berubah? Kompas. https://www.kompas.com/tren/read/2019/09/08/172626165/viral-guru-dianiaya-apakah-peran-pengajar-sudah-berubah

Elihami, & Syahid, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 2(1), 79–96.

Fardani, D. N. (2022). Pendidikan Akhlak Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021 Perspektif Ibnu Miskawaih (Studi Kasus Di SMK Negeri 1 Pedan). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(1).

Hafidhuddin, & Qudsy, S. Z. (2021). Nawawi al-Bantani, Ashhab al-Jawiyyin di Bidang Hadis: Rihlah, Genealogi Intelektual, dan Tradisi Sanad Hadis. Al Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 16(1), 14–26.

Hariadi, M. F. (2019). Pemikiran Pendidikan Islam Syeikh Nawawi Al-Bantani Dan Relevansinya Di Revolusi Industri 4.0. EL-HIKAM: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 12(2).

Hidayat, A. W. (2019). Pemikiran Syekh Nawawi Al-Bantani Dan Relevansinya Di Era Modern. Aqlam, 4(2), 196–214.

Huges, & Nurjaman, U. (2022). Pendidikan Moral Berbasis Agama filsafat dan Sosiologi. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(1).

Irsyady, K. A. (2017). Aspek Gramatikal Syaikh Nawawi Al-Bantani (Perspektif Linguistik Arab). Jurnal Al Bayan, 9(2), 296–307.

Ismail, & Wardi, M. (2020). Pemikiran Syaikh Nawawi Al-Bantani Tentang Ilmu dan Ulama dalam Kitab Qami’ut Tughyan. Kabilah: Journal of Social Community, 5(1), 44–59.

Ismail, Y. Z. (2015). Konsep Pendidikan Nawâwî Al-Bantanî. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 1(1), 121–145.

Iwantoro. (2019). Pendidikan akhlak dalam perspektif Syekh Nawawi Al Bantani Al Jawi. Journal of Islamic Education (JIE), 4(2), 153–163.

Khaeroni. (2021). Pemikiran Syekh Nawawi al-Bantani Tentang Pendidikan dalam Kitab Tafsir Marāḥ Labīd. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 232–245.

Mappasiara. (2018). PENDIDIKAN ISLAM (Pengertian, Ruang Lingkup dan Epistemologinya). Jurnal Pendidikan Islam, VII(1), 147–160.

Maragustam. (2007). Pemikiran Pendidikan Syeikh Nawawi Al-Bantani. Datamedia.

Maragustam. (2018). Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. Pascasarjana FITK UIN Sunan Kalijaga.

Mujib, Z., & Suyadi. (2020). Teori Humanistik dan Implikasi dalam Pembelajaran PAI di SMA Sains Alquran Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 11–23.

Muqoddas, A. (2014). Syeikh Nawawi Al-Bantani Al-Jawi Ilmuan Spesialis Ahli Syarah Kitab Kuning. Jurnal Tarbawi, 2(1), 1–19.

Pransiska, T. (2018). Pendidikan Islam Transformatif Syeikh Nawawi Al-Bantani: Upaya Mewujudkan Generasi Religius-Saintifik. Jurnal Ilmiah Didaktika, 18(2), 172.

Prayogo, E., & Suyadi. (2019). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi 4.0. Dengan Pendekatan Humanistik di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunung Kidul. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 186–199.

Rh. (2019, February 12). Kasus SMP Gresik: Mengapa Belakangan Banyak Siswa Tantang Guru? VOA Indonesia. https://www.voaindonesia.com/a/smp-gresik-siswa-menantang-guru-mengapa/4782290.html

Riyadi, A. A. (2010). Filsafat Pendidikan Islam. Teras.

Salihin, D. Y. (2018). Ide-Ide Pemikiran Pendidikan Syekh Nawawi Al-Bantani dan Relevansinya Terhadap Pendidikan di Era Modern. AL-IKHTIBAR (Jurnal Ilmu Pendidikan), 5(2), 708–724.

Suprihatin, S. (2017). Pendekatan Humanistik Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(1), 82.

Suwahyu, I., Nurhilaliyah, & Muthmainnah, S. (2020). Aksiologi Pemikiran Pendidikan Islam Syekh Nawawi Al-Bantani di Era Globalisasi. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 229–243.

Suwarjin. (2017a). Biografi intelektual syekh nawawi al-bantani. Tsaqofah & Tarikh, 2(2).

Suwarjin. (2017b). Relasi Fikih dan Tasawuf Dalam Pemikiran Syekh Nawawi Banten. El-Afkar, 6(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i2.885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.