Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII SMP
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai moderasi beragama pada buku teks siswa mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti Jenjang SMP. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research Pengumpulan data dilakukan dengan menelaah dokumen yaitu buku teks mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VII SMP terbitan Kemendikbud Tahun 2017, dan untuk teknik analisis data menggunakan analisis isi dan analisis wacana. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber data sekunder. Hasil dari analisis data menunjukan nilai-nilai moderasi beragama pada buku teks PAI dan Budi Pekerti kelas VII sebanyak lima nilai. Adapun nilai-nilai moderasinya yaitu a) Egaliter; b) Keadilan; c) Toleransi; d) Anti Kekerasan; e) Moderasi dalam Beribadah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap penguatan nilai-nilai moderasi beragama dalam pendidikan agama Islam di sekolah atau madrasah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Shihab, M. Quraish. Wasathiyah:Wawasan Islam Tentang Moderasi Beragama. Tanggerang: PT Lentera Hati, 2019
Yaqin, M. Ainul. Pendidikan Multicultural: Cross-Kultural Understanding Untuk Demokrasi Dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media, 2005.
Shihab, M. Quraish. “Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Alquran”. Jakarta: lentera hati, 2002
Tim Penyusun Kementrian Agama RI, Moderasi Beragama. Jakarta: Balitbang Diklat Kementrian Agama RI 2019.
Tim Penyusun Kementrian Agama RI, “Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam. Daulat Bangsa: Jakarta, 2019.
Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur′An, Moderasi Islam (Tafsir Alquran Tematik) Isbn: 978-602-9306-15-6 (No. Seri 4)
Pusat Bahasa Departemen Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1995
Arifin, Zainal. Penelitian Penddikan, Metode Dan Paradigm Baru. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya, 2011
Ahsan, Muhammad Sumiyati dan Mustahdi, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP/MTs kelas VII. Jawa tengah: Kemendikbud, 2017.
Suhadi, dkk, Politik Pendidikan Agama Kurikulum 2013 Dan Ruang Public Sekolah. CRCS, Sekolah Pascasarjana, UGM, 2014.
Saputra, Rangga Eka “Api Dalam Sekam Keberagaman Generasi Z” (PPIM UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta) Vol. 1 No. 1. Tahun 2018.
Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Sistem Perbukuan Pasal 3 Ayat 5.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tanggal 23 Tahun 2006
Zuhrotul uyun, “Riset PPIM UIN Jakarta: Buku ajar PAI Harus Jadi Bagian Politik Kebudayaan Nasional”, Dikutip Melalui Laman Website https://www.uinjkt.ac.id/id/riset-ppim-uin-jakarta-buku-ajar-pai-harus-jadi-bagian-politik-kebudayaan-nasional/ 29 September 2016. Diakses tanggal 01 Novmber 2021
Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. Dikutip Melalui Laman Website: https://kkp.go.id. Diakses pada tanggal: 9 Desember 2021
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i2.887
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.