Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA1 MAN 1 Hulu Sungai Tengah Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw

Rusdiah Rusdiah

Abstract


Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA1 MAN 1 Hulu Sungai Tengah Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia masih rendah, hal ini disebabkan karena aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran masih kurang maksimal. Penerapan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw memberikan sumbangan yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ditemukan bahwa hasil belajar siswa, aktivitas guru dan aktivitas siswa terhadap model pembelajaran Kooperatif Jigsaw sebesar 68,75 atau 68,75% pada siklus 1 dan 82,50 atau 82,50% pada siklus 2. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan 50,25 % pada siklus 1 dan 13,75 % pada siklus 2. Aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran Kooperatif Jigsaw pada siklus 1 pertemuan pertama  62,50% dan  69,17% pada pertemuan kedua. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan pertama sebesar 77,50% meningkat menjadi 90,83% pada siklus 2 pertemuan kedua. Hal ini menunjukkan adany.a peningkatan sebesar 6,67% pada siklus 1 dan 13,33% pada siklus 2. Aktivitas siswa dalam KBM pada penerapan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw pada siklus 1 pertemuan pertama 16,25 (cukup aktif) dan 17,55 (cukup aktif) pada pertemuan kedua. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan pertama sebesar 20,62 (aktif) dan 25,22 (sangat aktif) pada pertemuan kedua. Dari hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan aktivitas siswa kelas XI IPA1 dalam menerapkan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw pada materi sistem reproduksi manusia.


Keywords


Peningkatan, strategi, menyenangkan.

Full Text:

PDF

References


Cruickshank, R. Donald, 2003. Reflektive Teaching. Surabaya: SIC.

Ibnu, Suhadi, Mukhadis, Dasna,Wayan. 2003. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Malang: Lembaga Penelitian UM.

Kustiyah. 2007. Penerapan Model CL Tipe NHT Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Palangkaraya. Tidak Diterbitkan.

Mulyasa, E. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Rusman. 2011. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT.Rajagrapindo Persada.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi 2. Jakarta: PT.Rajagrapindo Persada.

Solikhin, 2015. LKS Serasi Biologi Kelas XI. Banjarmasin: Solina.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Usman, Husaini dan Akbar, Purnomo Setiady. 2011. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i2.890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.