Pengaruh Belanja Langsung Dan Belanja Tidak Langsung Terhadap Realisasi Anggaran Dan Kinerja Instansi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan

Rediyono Rediyono, Ana Rahmiaty, Didik Cahyono

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh belanja langsung terhadap realisasi anggaran, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh belanja tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap realisasi anggaran, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh belanja langsung terhadap kinerja instansi, untuk mengetahui pengaruh belanja tidak langsung terhadap kinerja instansi dan untuk mengetahui pengaruh realisasi anggaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja instansi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan. Alat analisis penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik analisis data diolah dengan analisis regresi linier berganda sedangkan populasi dan sampel pada penelitian ini laporan keuangan dan anggaran belanja pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan pada periode 2016-2020. Hasil penelitian pertama diketahui bahwa belanja langsung berpengaruh signifikan terhadap realisasi anggaran, kedua diketahui bahwa belanja tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap realisasi anggaran, ketiga diketahui bahwa belanja langsung berpengaruh signifikan terhadap kinerja instansi,  keempat diketahui bahwa belanja tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap kinerja instansi dan kelima diketahui bahwa realisasi anggaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja instansi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan.


Keywords


Belanja Langsung, Belanja Tidak Langsung, Realisasi Anggaran Dan Kinerja

Full Text:

PDF

References


Anggarini, Yunita dan Puranto, Hendra. 2010. Anggaran Berbasis Kinerja unan APBD Secara Komprehensif. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Darwanto dan Yustikasari, Yulia. 2007. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal. Simposium Nasional Akuntansi X Unhas Makassar.

Fachruzzaman dan Norman. 2010. Implementasi Sistem Pengukuran Kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Di Kota Bengkulu. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto.

Ghozali, Imam. 2002. Statistik Non-Parametrik. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrianto, Nur dan Supomo, Bambang. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: PT BPFE.

Iriawan dan Puji, Septin Astuti. 2009. Mengolah data Statistik Dengan Mudah Menggunakan Minitab 14. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Kawedar, Warsito; Rohman, Abdul; Handayani, Sri. 2008. Akuntansi Sektor Publik. Semarang: Badan penerbit Universitas Yogyakarta.

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Unit Penerbit Dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN. Mahsun, Mohamad, Firma Sulistiyowati, Heribertus Andre Purwanugraha. 2006. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE.

Nugroho, Fajar dan Rohman, Abdul. 2012. Pengaruh Belanja Modal Terhadap Pertumbuhan Kinerja Keuangan Daerah Dengan Pendapatan Asli Daerah Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Di Propoinsi Jawa Tengah). Jurnal Akuntansi Volume 1, Nomor 2 Tahun 2012.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Republik Indonesia. 2004. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Republik Indonesia. 2004. Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Unjaswati, Shita Ekawarna, Sam, Iskandar dan Rahayu, Sri. 2009. Pengukuran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Daerah Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Cakrawala Akuntansi, Volume 1 Nomor 1.

Utomo, Warsito. 2005. Anggaran Berbasis Kinerja Konsep dan Aplikasinya. Yogyakarta: Magister Administrasi Publik Universitas Gadjah Mada.

VegirawÀti, Titin. 2012. Pengaruh Alokasi Belanja Langsung Terhadap Kualitas Pembangunan Manusia (Studi Kasus Pada Pemerintah Kabupaten Kota di Sumatera Selatan). Universitas IBA Palembang: Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (Jenius).

Widodo, Adi, Waridin, dan Maria Johanna, 2011. Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Di Sektor Pendidikan Dan Kesehatan Terhadap Pengentasan Kemiskinan Melalui Peningkatan Pembangunan Manusia Di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan Volume 1 Nomor 1.

Yuwono, Sony, tengku Agus Indrajaya, Hariyandi. 2005. Penganggaran Sektor Publik. Malang: Bayumedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i2.928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.