Studi Living Qur’an Tentang Pengaruh Pembacaan Surat Al-Fatihah Bagi Anak Yang Sering Tantrum

Desty Angga Wulan, Musyarapah Musyarapah

Abstract


Dinamakan Al-Fatihah karena menjadi pembuka Al-Qur’an. Al-Fatihah memiliki nama lain Ash-Syifa yang artinya obat penawar atau penyembuh. Di sini Al-Fatihah digunakan sebagai ikhtiar untuk mengobati anak-anak yang sering tantrum. Jadi pokok masalah di sini adalah bagaimana pengaruh pembacaan surat Al-Fatihah pada anak-anak yang sering tantrum. Penulis mengambil contoh pada anak-anak yang ibunya mengikuti pengajian setiap Jum’at di Desa Sungai Kapitan, Kecamatan Kumai, Kotawaringin Barat. Artikel ini bertujuan sebagai pengetahuan untuk para ibu yang ketika anaknya tantrum atau dalam fase emosional atau sering mengamuk, bisa menerapkan pembacaan surat Al-Fatihah sebagai penyembuhnya. Pengobatan tidak harus berupa obat secara secara fisik seperti obat-obatan kimia. Pengobatan bisa dengan pengobatan secara batin. Tantrum tidak hanya terjadi pada anak usia di bawah tiga tahun. Bisa juga terjadi pada anak Sekolah Dasar atau remaja. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar, bukan    angka-angka. Penulis melakukan pengamatan dan berperan sebagai participant observation aktif, mewawancarai informan dan dokumentasi. Kemudian menganalisis dan mereduksi data yang sudah diperoleh dari lapangan. Hasil penelitian ini adalah emosi anak bisa stabil dan lebih tenang setelah dibacakan surat Al-Fatihah, meningkatkan konsentrasi belajar dan mencerdaskan anak, anak mampu berinteraksi, anak lebih mandiri, anak lebih ceria dan jarang menangis, anak bersikap lebih positif, sistem kekebalan tubuhnya semakin baik.

 


Keywords


Pengaruh, Al-Fatihah, Anak Tantrum

Full Text:

PDF

References


Ansyah, Eko Hardi, and Cholichul Hadi. “PSIKOLOGI AL-FATIHAH: Solusi untuk Mencapai Kebahagiaan yang Sebenarnya” 4, no. 2 (2017).

Asti Musman. Berdamai Dengan Emosi Kenali Emosi Hadapi Hidup. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, 2018.

Dr. Ahmad ’Ubaydi Hasbillah, MA. Hum. Ilmu Living Qur’an-Hadis Ontologi. Epistemologi Dan Aksiologi. Cet. 3. Banten: Yayasanl Wakaf Darus-Sunnah, 2021.

Evi Julianur. Wawancara Tentang Penerapan Pembacaan Al-Fatihah Pada Anaknya, November 18, 2021.

Fahrun Nisa. “Terapi Kesehatan Dengan Menggunakan Ayat-Ayat Al-Qur’an di Rumah Pengobatan K.H. Misbahuddin Ali Desa Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes.” IAIN Purwokerto, 2020.

Hayes, Eileen. Seri Panduan Praktis Keluarga Tantrum Panduan Memahami Dan Mengatasi Ledakan Emosi Anak Diterjemahksn Oleh Wahyuni R. Kamah. Jakarta: Erlangga, 2003.

Ibnu Katsir. Mudah Tafsir Ibnu Katsir 1 Al-Fatihah s.d. Al-Baqarah Shahih, Sistematis, Lengkap Diterjemahkan Oleh DR. Engkos Kosasih, Lc., M. Ag. Jakarta: Maghfirah Pustaka, 2016.

Iin Mutiara, Innayah. Wawancara Tentang Penerapan Pembacaan Al-Fatihah Pada Anaknya, November 28, 2021.

Izzatul Fithriyah, Yunias Setiawati, Sasanti Yuniar. “Mengatasi Temper Tantrum Pada Anak Prasekolah.” Universitas Airlangga, 2019.

Lestari, Astri. “Terapi Al-Qur’an Bagi Anak Autisme Di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an Ngaglik, Sleman, Yogyakarta Skripsi Diajukan untuk Memenuhi Persyaratan Memperoleh Gelar Sarjana Agama (S.Ag),” n.d.

Lestari, Fuji. “Al-Qur’an Dan Penyembuhan (Studi Living Qur’an tentang Praktek Pengobatan Alternatif Bengkel Menungso di Dusun Jaten Kelurahan Pedurungan Tengah Kecamatan Pedurungan Semarang) Tesis.” Semarang : IAIN Walisongo, 2018.

Mabaji, Gau. “UNDERSTANDING TANTRUM BEHAVIOR AND HOW TO SOLVE IT” 18, no. 02 (2013): 10.

Muhammad Muhyidin. Hidup Di Pusaran Al-Fatihah Mengungkap Keajaiban Konstruksi Ummul Kitab. Bandung: Mizania, 2008.

Muhammad Rasyid Ridha. Tafsir Al-Fatihah Menemukan Hakikat Ibadah Diterjemahkan Dari Tafsir Al-Fatihah wa Sittu Suwar min Khawatim Al-Qur’an : Al-’Ashr wa Al-Kautsar, wa Al-Kafirun, wa Al-Ikhlash, wa Al-Mu’awwidzatain Diterjemahkan Tiar Anwar Bachtiar. Cet. 4. Bandung: Al-Bayan Mizan, 2007.

Nur Azizah, Rochmah. “Tradisi Pembacaan Surat Al-Fatihah Dan Al-Baqarah (Kajian Living Qur’an di PPTQ, ’Aisyiyah, Ponorogo).” STAIN Ponorogo, 2016.

“Pembacaan Surat Al-Fatihah Dalam Tradisi Mujahadah Malam Jumat Studi Living Qur’an Di PP Al-Imdad II Pajangan Bantul,” n.d.

Qaris Tajuddin. Mengarungi Samudera Al-Fatihah. Jakarta: Kukuruyuk, 2019.

Rida Sucinindyasputeri, Citra Indriani Mandala, Anisah Zaqiyatuddini, Andi Muhammad Aditya S. “Pengaruh Terapi Zikir Terhadap Penurunan Stress Pada Mahasiswa Magister Profesi Psikologi.” Universitas Islam Indonesia, 2017.

Rubino, Dr. “Pengobatan Berbagai Penyakit dengan Ayat-Ayat Al-Qur’an.” Universitas Medan Area, 2019.

Sayyid Muhammad Syatha, Shekh. Di Kedalaman Samudera Al-Fatihah Menyingkap Tabir Makna-Makna Dan Hikmah-Hikmah-Hikmah Surah Paling Akrab Damalm Hidup KIta ; Surah Al-Fatihah. Medan: Mirqat, 2008.

Setiadi Ihsan. Al-Fatihah : Model Sistem Kehidupan Muslim. Cet. 1. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Cet. 2. Bandung: CV. Alfabeta, 2019.

Supradewi, Ratna. “Efektivitas Pelatihan Dzikir untuk Menurunkan Afek Negatif pada Mahasiswa,” n.d.

Syaikh Imam Al-Hafiz, Imaduddin Abul Fida Ismail ibnul Khatib, Abu Hafs Umar ibnu Katsir. Samudera Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq Dan An-Naas Tafsir Ibnu Katsir Dan Jalalain. Jakarta: Shahih, 2015.

Zaman, Akhmad Roja Badrus. “Living Qur’an Dalam Konteks Masyarakat Pedesaan (StudiI Pada Magisitas Al-Qur’an Di Desa Mujur Lor, Cilacap)” 24, no. 2 (2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i2.931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.