Visi Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi, Dan Sosiologi

Siti Mas'amah, Ujang Nurjaman, Faiz Karim Fatkhulloh

Abstract


Kegiatan yang dilakukan manusia berupa pendidikan juga tak terlepas dari faktor psikologis. Faktor psikologis menjadi landasan dalam pendidikan dikarenakan kegiatan pendidikan melibatkan kejiwaan manusia. Landasan psikologis menjadi penting dikarenakan pendidikan umunya berkaitan erat dengan pemahaman dan penghayatan akan perkembangan manusia, khususnya proses  belajar mengajar. Landasan psikologi tentu harus memiliki pedoman. Landasan atau prinsip pendidikan adalah ketentuan-ketentuan yang dijadikan pedoman atau pegangan dalam melaksanakan pendidikan agar tujuannya tercapai dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Landasan yang dianut dalam pendidikan berpedoman pada azas yang dibuat oleh Komisi Pembaharuan Pendidikan, salah satu asa yang pertama adalah ide dari Ki Hajar Dewantara yaitu Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani. Landasan dan Asas yang diberlakukan dalam dunia pendidikan memiliki fungsi yang merupakan serangkaian tugas atau misi yang diemban. Fungsi pendidikan itu sendiri adalah menyiapkan sebagai manusia, menyiapkan tenaga kerja dan menyiapakna warga negara yang baik. Basis agama, filsafat, psikologis dan sosiologis dalam visi pendidikan sebagai tempat bertumpu atau dasar dalam melakukan analisis kritis terhadap kaidah-kaidah dan kenyataan tentang kebijakan dan praktik pendidikan. Kajian analisis kritis terhadap kaidah dan kenyataan tersebut dapat dijadikan titik tumpu atau dasar dalam upaya penemuan kebijakan dan Pratik pendidikan yang tepat guna dan bernilai guna. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa landasan pendidikan merupakan dasar bagi upaya pengembangan kependidikan dalam segala aspeknya. Landasan pendidikan terdiri dari beberapa jenis, yaitu landasan filosofis, landasan sosiologis, landasan hukum, landasan kultural, landasan psilokogis, lndasan ilmiah dan ternologi, landasan ekonomi, landasan sejarah, dan landasan religius.


Keywords


Visi Pendidikan, Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi

Full Text:

PDF

References


Akdon. (2006). Strategis Managemen for Educational Management, Bandung: Alfabeta.

Amka (2019). Filsafat Pendidikan, Sidoarjo: Nizamia Learning Center

Anisa, C., & Rahmatullah, R. (2020). Visi Dan Misi Menurut Fred R. David Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 70-87.

Calam, A., & Qurniati, A. (2016). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Jurnal Saintikom, 15(1).

David, F. R (2011). Strategic Management Concepts And Cases, (Ed. XIII; New Jersey: Prentice Hall,

Locke, E.A. & Associates. (1997). Esensi Kepemimpinan Empat Kunci Untuk Memimpin Dengan Penuh Keberhasilan. Jakarta : Spektrum.

Malik, A. S., et.al (2022). Perspektif Visi Pendidikan dari Sudut Pandang Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2531-2540.

Saepudin, D., & Saifudin, S. (2019). Visi Pendidikan Islam: Perspektif Ibn Khaldun. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 151-171.

Satriadin, S. (2019). Landasan Sosiologis Dalam Pendidikan. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 1(2).

Setiasih, O. (2009). Hand out Landasan Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Tatang S., (2012). Ilmu Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Windaningrum, F. (2019). Analisis Relevansi Visi, Misi, Tujuan, dan Kurikulum Antara SMKN 1 Kedawung Sragen dan SMKN 1 Bawen Semarang. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 123–140.

Yatimah, D. (2017). Landasan Pendidikan. Jakarta: Alumgadan Mandir.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i3.969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.