Implementasi Visi Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi, Dan Sosiologi Di Lembaga Pendidikan Islam

Rasma Afifah, Ujang Nurjaman, Faiz Karim Fatkhulloh

Abstract


Visi merupakan gambaran tentang masa depan (future) yang realistik dan ingin mewujudkan dalam kurun waktu tertentu. Visi adalah pernyataan yang diucapkan atau ditulis hari ini, yang merupakan proses manajemen saat ini dan menjangkau masa yang akan datang. Agar pengelolaan madrasah tersebut dapat berjalan dengan baik, dibutuhkan rencana strategis sebagai suatu upaya untuk mengendalikan organisasi(madrasah) secara efektif dan efesien sehingga tujuan dan sasarannya tercapai. Perencanaan strategis merupakan landasan bagi madrasah dalam menjalankan proses pendidikan. Komponen dalam perencanaan strategis paling tidak terdiri dari visi, misi, prinsip dan tujuan. Perumusan tersebut harus dilakukan pengelola madrasah, agar memiliki arah kebijakan yang dapat menunjang tercapainya tujuan yang diharapkan. Pendidikan merupakan proses sosial yang bertujuan membentuk manusia yang baik. Pendidikan dalam arti luas diartikan sebagai proses pengembangan semua aspek kepribadian manusia, baik aspek pengetahuan, nilai dan sikap, maupun keterampilan yang berbasis pada agama, filsafat, psikologis dan sosiologis. Agama memerintahkan manusia untuk mempelajari alam, menggali hukum-hukumnya agar manusia hidup secara alamiah sesuai dengan tujuan dan asas moral  yang diridhai  Tuhan. Ilmu sebagai alat harus diarahkan oleh agama, supaya memperoleh kebaikan dan kebahagiaan, sebaliknya ilmu tanpa agama, maka akan membawa bencana dan kesengsaraan. Karena agama adalah kebenaran, sementara filsafat dan ilmu adalah pencari kebenaran, maka keduanya (filsafat dan ilmu) harus mencari kebenaran agama tersebut.

 


Keywords


Visi Pendidikan, Agama,Filsafat, Psikologi dan Sosiologi

Full Text:

PDF

References


Agustina, Ramli, M., & Siti, S. (2020). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Bulukumba. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1).

Akdon, (2009. Strategic Management for Educational Management, Bandung: Alfabeta.

Baharuddin & Makin, M (2009), Pendidikan Humanistik, Konsep, Teori, dan Aplikasi dalam Dunia Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Gurley, D. K., Peters, G. B., Collins, L., & Fifolt, M. (2015). Mission, Vision, Values, And Goals: An Exploration Of Key Organizational Statements And Daily Practice In Schools. Journal of Educational Change, 16(2).

Calam, A., & Qurniati, A. (2016). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Jurnal Saintikom, 15(1).

Hamalik, O (2008). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung; Reamaja Rosda Karya.

Idris, J (2005). Analisis Kritis Mutu Pendidikan, Cetakan 1, Yogyakarta: Suluh Press.

Kantabutra, S., & Avery, G. C. (2010). The Power Of Vision: Statements That Resonate. Journal of Business Strategy, 31(1).

Khafid, S. (2020). Perumusan Visi Dan Misi Madrasah Dalam Perspekstif Filsafat Administrasi. TARQIYAH: Jurnal Pendidikan dan Literasi, 1(1).

Locke, E. A. & Associates. (1997). Esensi Kepemimpinan Empat Kunci Untuk Memimpin Dengan Penuh Keberhasilan. Jakarta : Spektrum

Madjid, N (2000). Masyarakat religious Membumikan Nilai-Nilai Islam Dalam Kehidupan Masyarakat, Jakarta

Maujud, F. (2018). Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan). JURNAL Penelitian Keislaman, 14(1). https://doi.org/10.20414/jpk.v14i1.490

Meighan, R (1981). Sociology Of Educating. New York: Holt Education.

Nata, M.A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multidisipliner; Normatif Perenialis, Sejarah, Filsafat, Sosiologi, Manajemen, Teknologi, Informasi, Kebudayaan, Politik, Hukum, Jakarta, PT RajaGrafindo Persada,

Pramitha, D. (2017). Urgensi Perumusan Visi, Misi Dan Nilai-Nilai Pada Lembaga Pendidikan Islam. Tarbawi: Jurnal Studi Pendidikan Islami, 1(1), 45-52.

Sauri, S. (2021). Visi Pendidikan Berbasis Agama, Filosofi, Psikologi Dan Sosiologi. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 6(2), 107-136.

Sukirman, D (2007). Landasan Pengembangan Kurikulum. Bandung: UPI.edu

Tobroni, (2008), Pendidikan Islam: Paradigma Teologis, Filosofis dan Spiritualitas, Malang: UMM Press

Triatna, C. (2014). Ringkasan Hasil Penelitian: Pengembangan Kapasitas Manajemen Madrasah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah, Studi Kasus Di Sma Negeri 2 Kota Bandung Dan Sma Negeri 2 Kota Tasikmalaya. Bandung: Program Studi Administrasi Pendidikan, Madrasah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i3.973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.