Permasalahan Dalam Reformasi Birokrasi Dalam Sektor Pendidikan

Muhidin Arifin, Fahrizal Akhiruddin

Abstract


Berdasarkan data dalam Education for All (EFA) Global Monitroring Report 2011 yang dikeluarkan UNESCO menunjukkan bahwa indeks pembangunan pendidikan Indonesia berada pada urutan 69 dari 127 negara yang disurvei atau turun empat tingkatan jika dibandingkan hasil survei sebelumnya yang menempatkan Indonesia pada urutan ke 65. Keberhasilan suatu negara memiliki relevansi yang signifikan dengan kualitas pendidikan yang diselenggarakan. Sedangkan kualitas pendidikan berbanding lurus dengan kejelasan tujuan dan arah kebijakan yang hendak dicapai. Standar kualitas merupakan perwujudan dari komitmen kolektif untuk menjadi bangsa yang unggul, maju, dan berperadaban. Oleh karena itu, keunggulan pendidikan menjadi indikator majunya suatu bangsa, sebaliknya rendahnya daya saing bangsa merupakan pencerminan dari rendahnya kualitas pendidikan yang dihasilkan. Reformasi pendidikan merupakan suatu keharusan. Sebab, cara-cara yang selama ini diiaksanakan dalam pengelolaan pendidikan tidak akan dapat memecahkan persoalan-persoalan yang muncul saatini. Krisis moneter dan ekonomi yang diikuti oleh krisis politik, kepercayaan dan keamanan, mempercepat realisasi reformasi pendidikan. Reformasi pendidikan yang diperiukan bersifat menyeluruh dan mendasar, menyangkut dimensi kultural-fondasional, politik-kebijakan, teknis-operasional, dan, dimensi kontekstual. Tambal sulam dalam dunia pendidikan saat ini harus dihindarkan, sebab hanya akan berakibat menunda datangnya bencana yang lebih parah iagi. Betapapun Reformasi merupakan suatu keharusan, tetap saja akan muncul resistensi yang menghambat jalannya reformasi.


Keywords


Reformasi borokrasi, sektor pendidikan

Full Text:

PDF

References


Halevy, E.E (2011), Demokrasi & Birokrasi Sebuah Dilema Politik, Yogyakarta: Metapena Institute.

Jalal, F (2001). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah (Jakarta: DEPDIKNAS, BAPPENAS, dan Adi Cita Karya Nusa.

Jones, C. O. (1979). American Politics And The Organization Of Energy Decision Making. Annual Review of Energy, 4(1), 99-119.

Junaid, H. (2016). Sumber, Azas Dan Landasan Pendidikan (Kajian Fungsionalisasi secara makro dan mikro terhadap rumusan kebijakan pendidikan nasional). Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 7(2), 84-102

Kiwang, A. S.,et.al. (2014). Kebijakan Publik dan Efektivitas Organisasi. Jurnal Kebijakan Publik, 5(3), 31-36

Kompas. (2012). Rapor Merah untuk Pendidikan di Kota Bandung , Kompas Online. http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/27/16432084/Rapor.Merah.untuk.Pe ndidikan.di.Kota.Bandung.

Medanbisnisdaily, Bermimpi (Entrepreneur) Lewat Pendidikan, Online;

Moleong, L.J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Nuh, M (2012). Edukasi Kompas. Persoalan Pendidikan Tak Akan Pernah Selesai. Kompas Online:

Ratna, NK (2010). Metodologi Penelitian: Kajian Budaya Dan Ilmu Sosoal Humaniora Pad Umumnya, Jakarta: Pustaka Pelajar.

Rosemann, J (2011). Restrukturisasi Pendidikan Tinggi di Eropa, Online; http://aster-ganex.blogspot.com/2011/10/restrukturisasi-pendidikan-tinggi

Sugiyono,(2012). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung:Alfabeta.

Sutapa, M. (2008). Kebijakan pendidikan dalam Perspektif Kebijakan Publik. Jurnal Manajemen Pendidikan UNY, 112408.

Suyahman, S.(2016). Analisis Kebijakan Pendidikan Gratis Di Sekolah Menengah Atas Dalam Kaitannya Dengan Kualitas Pendidikan Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 1047-1054.

Thoha,M ( 2014), Birokrasi & Dinamika Kekuasaan, Jakarta : Prenadamedia Group.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yaumi, M. (2017). Reformasi Sistem Pendidikan di Indonesia: Suatu Refleksi Kritis Menuju Perbaikan Kualitas.

Zamroni, Z. (1999). Reformasi Pendidikan Dari Pondasi Ke Aksi. El-Tarbawi, 29-39.

Zed, M (2008). Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta : Yayasan Obor Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i3.981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.