Pengembangan Media Pembelajaran IPS ASIAPP (Asean Interaction App) pada Materi Interaksi Antarnegara-Negara ASEAN SMP Kelas VIII
Abstract
Kegiatan pembelajaran memerlukan perencanaan dalam pelaksanaannya. Salah satu bagian yang harus direncanakan yaitu dengan menyiapkan media pembelajaran. Dalam hal ini, media pembelajaran yang dikembangkan akan membahas materi mengenai interaksi antar negara-negara ASEAN pada tingkatan kelas VIII SMP/MTs. Hal ini dikarenakan materi tersebut bersifat abstrak dan sulit dijangkau karena mencakup wilayah Asia Tenggara yang luas. Media dibutuhkan agar dapat memvisualisasikan bentuk konkret dari adanya interaksi yang terjalin tersebut. Media pembelajaran dibuat dengan menggunakan softwarevideoscribe yang dipadukan dengan aplikasi smart apps creator. Perpaduan ini kemudian akan menghasilkan produk akhir berupa aplikasi android bernama ASIAPP (ASEAN Interaction APP). Peneliti juga memilih topik ini dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang layak pada materi interaksi antarnegara-negara ASEAN. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) berpedoman pada desain ADDIE. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan skor sebesar 100 % untuk validasi pada sudut pandang materi, 87,5 % untuk validasi pada sudut pandang kebahasaan, serta 95 % untuk validasi pada sudut pandang media pembelajaran. Sedangkan uji coba yang dilakukan kepada calon pengguna memperoleh persentase skor total sebesar 87 %. Oleh karena itu, media pembelajaranASIAPP (ASEAN Interaction APP) termasuk ke dalam kategori media yang “sangat layak”untukdapat digunakan menjadi media pembelajaran IPS SMP/MTskelas VIII.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alpian, Yayan, et al. "Pentingnya Pendidikan bagi Manusia." Jurnal Buana Pengabdian 1.1 (2019): 66-72.
Astuti, Irnin Agustina Dwi, Ria Asep Sumarni, and Dandan Luhur Saraswati. "Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android." Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika 3.1 (2017): 57-62.
Azizah, A. R. "Penggunaan Smart Apps Creator (SAC) untuk Mengajarkan Global Warming." Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF). Vol. 4. 2020.
Dewi, Kusuma, Sumarmi Sumarmi, and Alfyananda Kurnia Putra. "Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis STEM dengan Pendekatan Eco-Spatial Behavior Materi Kependudukan." J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) 7.2 (2021): 92-102.
Ekayani, N. L. P. "Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Artikel Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha." (2017).
Jackson, Jon. "Myths of Active Learning: Edgar Dale and the Cone of Experience." Journal of the Human Anatomy and Physiology Society 20.2 (2016): 51-53.
Marta, Rusdial. "Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Datar melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw bagi Siswa Kelas V Sd Negeri 003 Bangkinang Kota." Jurnal Basicedu 1.1 (2017): 45-54.
Maulana, Moh Yusril Ihza. Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa Kelas 8 MTsN 7 Malang. Diss. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2020.
Muthoharoh, Vivin, and Norida Canda Sakti. "Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Adobe Flash CS6 untuk Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Menengah Atas." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3.2 (2021): 364-375.
Nadhianty, Ardhina, and Agus Purnomo. "Pengembangan Digital B-OK Bentuk Muka Bumi Malang Raya sebagai Sumber Belajar IPS SMP Kelas VII." J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) 8.1 (2021): 43-60.
Piskurich, George M. Rapid Instructional Design: Learning ID fast and right. John Wiley & Sons, 2015.
Qoyyimah, Ima. Kontribusi Media Pembelajaran dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Dasar Akuntansi Keuangan 1 Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2014. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.
Ratminingsih, N. M. "Efektivitas Media Audio Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Lagu Kreasi di Kelas Lima Sekolah Dasar." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 5.1 (2016): 27-38.
Rifandi, Muhammad Sofi. "Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu di Mts Negeri 1 Pasuruan." J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial) 4.2 (2018): 92-100.
Sitompul, Frisciliani. "Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Media Audiovisual Berbasis Sparkol Videosribe pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIIB SMPN 22 Kota Jambi." Frisciliani Sitompul.
Sudrajad, Fuad Bekti, and Prih Hardinto. "The Application Teams Games Tournaments and Media Learning Sparkol Video Scribe to Increase Motivation and Study Results." Classroom Action Research Journal (CARJO) 1.3 (2018): 125-132.
Tegeh, I. Made, and I. Made Kirna. "Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model." Jurnal Ika 11.1 (2013).
Tunjung, Ananda Sekar, and Arif Purnomo. "Kreativitas Guru IPS dalam Pengembangan Media Pembelajaran pada SMP Negeri 2 Semarang dan MTs Negeri 1 Semarang." Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN 5.1 (2020): 73-84.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i3.982
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.