Hubungan Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Mutu Pendidikan Di MTs Nahdlatul Wathan Tenggarong Seberang

Irmawati Irmawati

Abstract


Unsur terpenting dalam mengelola sebuah lembaga pendidikan ialah memiliki pemimpin yang mampu melaksanakan fungsi fungsi kepemimpian yang ada. MTs Nahdaltuh Wathan Tenggarong Seberang menyadari bahwa untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut dibutuhkan adanya pemimpin yang mampu menjalankan fungsi kepemimpinan. Penelitian ini tertujuan untuk mengetahui adakah hubungan fungsi kepemimpinan kepala sekolah dengan Mutu pendidikan di MTs Nahdlatul Wathan Tenggarong Seberang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan angket. Keabsahan data menggunakan Uji Validitas. Teknik analisis statistik dengan rumus Product Moment. Hasil penelitian yang diperoleh, dimana hasilnya setelah diketahui rxy = 0,93 maka dilakukan interpretasi nilai r berada antara 0,80-1,000 (terdapat hubungan yang sangat kuat), yang berarti dari hasil tersebut ditahui bahwa fungsi kepemimpinan kepala sekolah yang ada di MTs Nahdatul Wathan memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap mutu pendidikan.


Keywords


Hubungan fungsi kepemimpianan dengan mutu pendidikan

Full Text:

PDF

References


Budi, Pendidikan dan Manajemen (Analsisi Kepemimpinan Kepala Madasah, (Medan: CV Pusdikra Mitra Jaya, 2021).

Edi Karno, Mutu Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran, ( Kediri, UHO Edu Pres, Cet. Pertama, 2019).

Engkoswara dan Aan Komariah, Adminitrasi Pendidikan, (Bandung : AlFABETA CV, 2010).

Erwin Firdaus dkk, Manajemen Mutu Pendidikan, (Yayasan Kita Menulis, 2021).

Hasibullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta, PT Grafindo Persada, 2006).

Husaini Usman. Manajemen Teori, Praktek dan Riset Pendidikan.(Jakarta.Bumi Aksara. 2013).

Husini Usman, Kepemimpianan Efektif, (Jakarta Timur, PT Bumi Aksara, 2019).

Jerome S. Arcaro, Pendidikan Berbasis Mutu, (Yogyakrta: Celeban Timur, 2007,Cetakan IV).

Kartini Kartono, Pemimipin dan kepemimpinan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2029).

Mahmud Eka Muchammad, Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan Sekolah atau Madrasah ( Samarinda: Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M ) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Samarinda 2010).

Soekarto Indrafachrudin, Bagaimana Memimpin Sekolah Yang Efektif, (Bogor : Ghalia Indonesia, 2006 ).

Sudarwan Denim, Kepemimpinan Pendidikan : Kepemimipinan Jenius (IQ +EQ), Etika, Prilaku Motivasional, dan Mitos, ( Bandung : ALFABETA, 2010).

Supardi, Manajemen Mutu Pendidikan, (Jakarta: Asosisasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia APPTI, 2020).

Suryosubroto. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka cipta. 2004.

Suryoto Wijono, Kepemimpianan dalam Prespektif Organisi, ( Jakarta: Prenadamedia Group, 2018).

Syafarudin, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, (Jakarta : Remaja Rosdakarya, 20014).

Syaiful Sagala, Pendekatan dan Jenis Kepemimpinan, (Jakarta, Prenadamedia Group, 2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i3.983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.