Strategi Manajemen Travel Agent Di Sanur Dalam Menghadapi Pandemi Covid 19

I Wayan Eka Sudarmawan, Nyoman Surya Wijaya, Putu Sabda Jayendra

Abstract


Akibat pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia sejak awal tahun 2020, banyak sektor industri yang terpukul salah satunya adalah industri pariwisata. Bali merupakan salah satu provinsi yang paling mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid-19 di mana masyarakatnya banyak kehilangan sumber penghasilan yang sebagian besar bergantung pada sektor pariwisata. Akan tetapi, saat pandemi Covid-19 sebagian pelaku usaha pariwisata memilih untuk bertahan di tengah pandemi dengan melakukan berbagai inovasi, hal tersebut dilakukan oleh sebagian pelaku usaha travel agent di kawasan Sanur. Mempertahankan suatu usaha di tengah pandemi bukanlah perkara yang cukup mudah. Oleh sebab itu, diperlukan strategi manajemen khusus oleh pelaku usaha untuk membuat usahanya tetap eksis di berbagai kondisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen 5 P yang dicetuskan oleh Mintzberg, et al. (1995) yang digunakan oleh travel agent di kawasan Sanur untuk bertahan saat pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan, alasan secara umum travel agent di kawasan Sanur yang masih tetap melakukan promosi dan menerapkan strategi untuk bertahan adalah perasaan optimis yang dimiliki oleh pelaku usaha mengenai kebangkitan pariwisata setelah masa pandemi. Dengan demikian, terdapat 10 travel agent dari 46 data travel agent (berdasarkan pada data BPSS) yang tetap menerapkan strategi manajemen yaitu 5 P yaitu plan, ploy, pattern, position, perspective untuk tetap bertahan dalam menghadapi masa pandemi Covid-19.


Keywords


strategi manajemen, strategi bertahan, analisis strategi manajemen, manajemen travel agent di Bali

Full Text:

PDF

References


Ali, mohammad haidar (2020) ‘Penerapan Etika Bisnis Dan Strategi Manajemen Saat Pandemi Covid-19 Bagi Umkm’, Eco-Entrepreneurship, 6(1), pp. 34–42.

Fitriyani, Ika, Sudiyarti Nining, N. F. (2020) ‘Strategi Manajemen Bisnis Pasca Pandemi Covid-19’, IndonesianJournal of Social Sciences and Humanities, 1(3), pp. 107–115.

Lailatussani Alfiyah dan Wibowo Isa (2020) ‘Strategi Adaptasi Perusahaan Biro Tour And Travel Dalam Menghadapi Pandemi Covid 19’, Jurnal Keagamaan dan Pendidikan Akademika, 16(2), pp. 113–127.

Mintzberg, Henry, James Brian Quinn, and J. V. (1995) The Strategy Formulation, Implementation, and Control. Chicago: Irwin.

Permana, T. E., Rahayu, A. and Wibowo, L. A. (2020) ‘Manajemen Strategik Pada Pendidikan Indonesia Jenjang Perguruan Tinggi Selama Pembatasan Sosial Pandemi Covid-19’, Jurnal Co Management, 3(1), pp. 413–422.

Sari, R. E., Yanita, N. and Neswardi, S. (2020) ‘Strategi Usaha Biro Perjalanan Wisata Sumatera Barat Dalam Menghadapi Krisis Pandemi Covid-19’, JSHP : Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 5(1), pp. 55–62. doi: 10.32487/jshp.v5i1.945.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i3.986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.