Patologi Birokrasi Pendidikan

Amruddin Amruddin, Arbainsyah Arbainsyah, Sri Handayani, Sofyan Sauri

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mendapatkan informasi tentang pola hubungan kebijakan dan pembangunan pendidikan dan kebudayaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan utama yang ingin dicapai dari reformasi pendidikan adalah pendidikan yang berkualitas yang dapat menjadi modal pembangunan manusia di suatu bangsa. Pendidikan yang berkualitas bukanlah variabel mandiri yang dapat dicapai hanya dengan memperbaiki infrastruktur sekolah maupun kurikulum dan anggaran pendidikan. Dalam RPJMN 2019-2024 disebutkan bahwa sektor pendidikan merupakan bahwa pendidikan merupakan Prioritas Nasional ke-2, yaitu Pendidikan yang ditujukan terutama untuk peningkatan akses pendidikan yang berkualitas, terjangkau, relevan, dan efisien. Patologi yang terdapat dalam dunia pendidikan sangat beragam. Plagiarisme, kecurangan dalam evaluasi, pemalsuan data, hingga korupsi.Terdapat empat penyebab utama yang menjadi penghambat rendahnya kualitas birokrasi di Indonesia, yaitu peraturan perundangan, organisasi, Sumber Daya Manusia (SDM), dan manajemen pemerintahan. Manfaat reformasi birokrasi akan berdampak langsung kepada perbaikan kualitas kebijakan public pendidikan berdasarkan kondisi nyata di lapangan (evidence based), adanya transparansi untuk kesejahteraan masyarakat, serta peningkatan kualitas pelayanan masyarakat. Reformasi birokrasi ini tentu akan mendorong terlaksananya pembangunan secara menyeluruh di Indonesia, terutama dalam menjalankan RPJMN tahap tiga yang saat ini dilaksanakan. Di samping itu, terlaksananya reformasi birokrasi dinilai juga akan mengajak investor untuk terurus ikut serta berinvestasi demi kemajuan bangsa ini.


Keywords


Patologi, Reformasi dan Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Benveniste, Guy. Birokrasi. Terjemahan: Sahat Simamora. Jakarta: Rajawali, 1991.

Fatmawati, Erma. “Kebijakan Pendidikan Dalam Perspektf Peran Birokrasi Dan Partisipasi Masyarakat.” JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management 1, no. 1 (27 Desember 2019).

Hoy, Wayne K., dan Cecil G. Miskel. Administrasi Pendidikan : teori, riset, dan praktik. Terjemahan: Daryatno&Rianayati K. Pancasari. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Junus, Siti Patimah. “Masalah Patologi Birokrasi (Hipocracy) dan Terapinya.” Jurnal Hukum & Pembangunan 32, no. 2 (19 Juni 2017).

Ma’ruf’, Mu’min. “Patologi Birokrasi.” Jurnal Visioner 4, no. 3 (2010).

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya, 2010.

Rifai, Muhammad. Politik Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Sampar. 2021. Patologi Birokrasi dalam Pengelolaan Tenaga Honorer di Kabupaten Mamuju Tengah. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Makassar. Makassar.

Siagian, Sondang P. Patologi Birokrasi : analisis, identifikasi dan terapinya. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1994.

Zamroni. Pendidikan dan Demokrasi dalam Transisi. Jakarta: PSAP Muhammadiyah, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i3.989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.