Implementasi Literasi Sosial Budaya Di Sekolah Dan Madrasah

Tuti Marlina, Noor Halidatunnisa

Abstract


Isu literasi di dunia pendidikan menjadi isu yang cukup ramai dibicarakan dan diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dan madrasah dalam beberapa tahun belakangan. Bahkan kementerian pendidikan dan kebudayaan serta kementerian agama makin marak melaksanakan berbagai kegiatan pelatihan untuk pada pendidikan di lingkungan pendidikan. Literasi yang sudah dilaksanakan di lingkungan pendidikan diantaranya adalah literasi membaca, literasi sosial budaya, literasi numerasi, dan literasi sains. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan bagaimana penerapan literasi sosial budaya di lingkungan sekolah dan madrasah. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan cara mengumpulkan sumber-sumber tertulis yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik content analisis. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa literasi sosial budaya yang perlu diajarkan kepada siswa adalah komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan akomodatif dan inklusif. Penerapannya dikawal oleh kepala sekolah dan bekerjasama dengan seluruh guru serta warga sekolah dengan memasukkannya ke dalam system pembelajaran sesuai dengan jenjang kemahiran yang dimiliki oleh siswa. Hasil yang diharapkan dari pembelajaran literasi sosial budaya tersebut diharapkan menghasilkan generasi yang cinta akan identitas bangsanya, saling menghormati antar suku yang beragam di Indonesia, menolak dan berpartisipasi dalam mengatasi ragam kekerasan di lingkungan sekolah dan masyarakat serta bersikap terbuka dan mengayomi terhadap siswa dengan keterbatasan fisik. Penelitian ini berkontribusi terhadap ragam isu literasi di dunia pendidikan dan bisa memperkaya pengetahuan guru terhadap bagaimana mengimplementasikannya dalam pembelajaran.


Keywords


literasi, sosial budaya, domain

Full Text:

PDF

References


Aziza, Puja Nur. “Peran Guru Dalam Implementasi Literasi Budaya Dan Kewargaan Di Sma Kemala Bhayangkari.” Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 1 No. 1 (2017).

Azizah, Nur Rafidah. “Implementasi Literasi Budaya Dan Kewargaan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosialsiswa Madrasah Ibtidaiyah Di Tengan Pandemi.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 11 No. 01 (2021).

Cook-Gumperz, Jenny. Konstruksi Sosial Literasi. Jakarta: Cambridge University Press, 2012.

Fauzi, Achmad Ryan. “Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning.” Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran Ips Vol. 2 No. 2 (2017).

Haul, Sofiana. “Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Literasi Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 1 (2021).

Idrus, Ali. “Pelaksanaan Nilai Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 3 No. 2 (2018).

Istiqomah. “Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di Man-1 Pekanbaru Sebagai Sekolah Adiwiyata.” Dinamika Lingkungan Indonesia Vol. 6 No. 2 (2019).

Karjiyati, Victoria. “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program ‘Mahira Bebas Sampah’di Sd Alam Mahira Kota Bengkulu.” Jurnal Pgsd Vol. 1, No. 1 (2020).

Kosilah. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Inovasi Penelitian Vol. 1 No. 6 (2020): 1139.

Munandar, Utami. Aspek Psikologi Dan Penerapannya, Analisis Pendidikan Departemen P&K. Jakarta: Balai Pustaka, 1981.

Nardi, Mikael. “Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Di Kota Ruteng.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Vol. 9 No. 3 (2019).

Permatasari, Ane. “Membangun Kualitas Bangsa Dengan Budaya Literasi.” Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa Unib Vol. 1 No. 1 (2015).

Pratiwi, Anggi. “Implementasi Literasi Budaya Dan Kewargaan Sebagai Solusi Disinformasi Pada Generasi Millennial Di Indonesia.” Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan Vol. 7 No. 1 (2019).

Tabi’in, Ahmad. “Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial.” Jurnal Ijtimaiya Vol. 1 No. 1 (2017).

Yasminingrum. “Kebijakan Lingkungan Hidup Dalam Konteks Good Governance.” Jurnal Ilmiah “Dunia Hukum” Vol. 13 No.1 (2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.1002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.