Layanan Pendidikan Anak Lamban Belajar (Slow Learner) di Sekolah
Abstract
Tujuan penelitiannya adalah untuk mendeskripsikan layanan pendidikan bagi siswa lamban belajar di SDN 2 Betak Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah: Pelaksanaan layanan guru dalam hal modifikasi alokasi waktu pembelajaran bagi siswa lamban belajar di kelas dilakukan dengan: guru memberikan bimbingan untuk siswa yang lambat dalam belajar dengan memberikan jam tambahan di luar jam pelajaran, guru memodifikasi isi atau materi pembelajaran bagi siswa lamban belajar di kelas dilakukan dengan penurunan tingkat kesulitan materi suatu mata pelajaran dan memberikan perhatian yang lebih pada siswa lambat belajar saat penyampaian materi pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Madani Media.
Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2015). Kesulitan Belajar Pada Anak : Identifikasi Faktor yang Berperan. Journal Elementary, 03(02), 15. Diambil dari https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/download/1455/1331
Hastuti, E. D. (2013). Fun English for Student with Special Need untuk Guru. Yogyakarta: Familia.
Irham, M. & W. N. A. (2016). Psikologi pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Khabibah, N. (2017). Penanganan Instruksional Bagi Anak Lambat Belajar (Slow Learner). DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 19(2), 26–32. Diambil dari http://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/41
Kurniawan, I. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Penyelesaian Aljabar serta Alternatif Pemecahannya. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 4(1), 69–78.
Majid, A. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT RosdaKarya.
Marheni, K. I. (2017). Art therapy bagi anak slow learner. In Prosiding Temu Ilmiah Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia (hal. 154–162).
Marthan, L. K. (2011). Manajemen Pendidikan Inklusif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketengaan.
Miles, matthew B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. New Delhi: SAGE Publications.
Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar. Yogyakarta: Nuha Litera.
Natalia, D., & Larasati, T. (2019). Modifikasi Kurikulum Untuk Anak Lamban Belajar Pada Aspek Berhitung Kelas Iv Di Sdn Kotagede 3. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 110–115.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukadari. (2019). Model pendidikan inklusi dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus.
Surya, J. A. (2012). Bimbingan Dan Penyuluhan Di Sekolah. jakarta: Rajawali Pres.
Triani, N., & Amir. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Lamban Belajar Slow Learner. Jakarta: PT Luxima Metro Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.1006
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.