Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup Pada Kelas VI SDN Bongsopotro 01

Naniek Kusumawati, Mellynia Dwi Nursafitri

Abstract


Jenis penelitian yang saya teliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tentang penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa materi perkembangbiakan makhluk hidup pada kelas VI SDN Bongsopotro 01. Dari 15 siswa terdiri dari siswa perempuan 9 anak dan siswa laki-laki 6 anak, hanya 6 siswa (40%) yang ketuntasan hasil belajarnya di atas KKM, sedangkan 9 siswa (60%) ketuntasan hasil belajarnya masih di bawah KKM. Hasil data dari prasiklus hasil belajar siswa diperoleh rata-rata nilai 62 dengan ketuntasan 40% dengan kreteria 6 anak tuntas dan 9 anak tidak tuntas. Pada penelitan siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar siswa adalah 69 dan ketuntasan belajar mencapai 73%.  Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar yaitu 75 dengan ketuntasan hasil belajar mencapai 86%. Sehingga ada peningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 13 %. Nilai aktivitas siswa pada siklus I sebesar 74% masuk dalam kategori cukup aktif. Lalu pada siklus II aktivitas  siswa mengalami peningkatan menjadi 81% masuk dalam kategori aktif. Aktivitas guru pada siklus I sebesar 80% masuk kategori aktif . Pada siklus II meningkat menjadi 86% dengan ketegori sangat aktif.

 


Keywords


Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Media Gambar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Amin Kuneifi, Elfachmi. (2015). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Anam, Khoirul. (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Haryanti, Ade. (2018). Penggunaan Media Gambar Dan Media Radio Pada Pembelajaran Menulis Deskripsi Siswa Kelas X Sma Tunas Harapan Balaraja-Tangerang. Jurnal Kredo. Vol 1 no 2 April 2018.

Putri, Ni Kadek Yuni Retna. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Type TSTS Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 5. Nomor 2 (hlm. 1-11).

Rohini, (2010). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SD N 02 Korleko. Jurnal Education, Vol. 5 (2). Hal. 75-90.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.1007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.