Urgensi Metode Hypnoparenting Dalam Mendidik Anak Usia Dini

Fathor Rakhman, Emy Yunita Rahma Pratiwi, Irma Darmawati, Muliyanti Muliyanti

Abstract


Isu tentang pengasuhananak menjadi isu yang sering dibicarakan belakangan ini. Hal ini disebabkan adanya masa pandemi yang kemudian membuat tugas orangtua yang lebih dominan menjadi pencari nafkah menjadi orangtua sesungguhnya yang juga sebagai pendidikan bagi anak-anaknya. Salah satu alasan yang melatarbelakangi penulisan artikel ini adalah rendahnya pengetahuan orang tua tentang pola pengasuhan anak dengan menggunakan metode hynoparenting. Penelitian ini menggunakan penelitian Library Research dengantekhnik pengumpulan data menggunakan ragam literatur sebagai pusat penelitian yang kemudian dianalisis menggunakan content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode hypnoparenting ini sangat penting digunakan dalam mendidik anak usia dini karena dapat membantu orang tua dalam mengembangkan potensi yang dimiliki dan dengan metode tersebut juga dapat memberikan kesempatan bagi anak untuk mengembangkan karakter mulia dengan bimbingan orang tua sehingga menghindarkan anak dari perilaku menyimpang. Hasil penelitian ini berkontribusi terhadap pola pengasuhan anak dengan menggunakan ragam metode yang salah satunya adalah metode hypnoparenting, sehingga orangtua bisa menggunakan atau memodifikasinya sesuai dengan keperluan dan karakteristik pengasuhan di rumah.


Keywords


Metode, Hypnoparenting, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Beckley, Pat. Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks Jakarta, 2018.

Firdaningrum, Arina, Afrida Muarifa, dan Laelatus Soimah. Hypnoparenting As A Way For Parents To Build Positive Personality In Children. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 2, No. 1, 2019.

Hasbi, Muhammad. Pengasuhan Positif. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020.

Khaironi, Mulianah. Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Vol. 2, No. 2018.

Kristiawan, Muhammad. Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. Jurnal Manajemen, Vol. 2, No. 1 2017.

Navis, Ali Akbar. Menjadi Orang Tua Idaman dengan Hypnoparenting. Jakarta: Katahati, 2013.

Nurlaili. Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, Vol. 2, No. 1, 2018.

Nurmayani, Sri, dan Muhammad Arief Rizka. Pengaruh Pelatihan Hypnoparenting Terhadap Peningkatan Pemahaman Orang Tua dalam Mendidik Anak Usia Dini di Desa Aikmual Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2016, Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Non Formal Informal, Vol. 3, No. 1, 2018.

Pebriana, Putri Hana. Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1, No. 1, 2017).

Rani Handayani. Karakteristik Pola-pola Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Keluarga. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 2, 2021.

Sakinah, Gina, dan Sylva Alkornia. Penerapan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Dengan Metode Hypnoparenting : Study Sekolah Perempuan Jember, Vol. 2, No. 1, 2017.

Sirjon, Sirjon, Endang Sri Mulyanie, Andrianus Krobo, dan Yansen Albert Reba. Pelatihan Penerapan Hypnoparenting dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 3, No. 1, 2021.

Tirtoni, Feri. Pelatihan Parenting Skill Hypnoparenting Sebagai Teknik Dalam Memberikan Motifasi Belajar Kepada Anak Guna Melatih Kemandirian Anak Sejak Dini. Abdimas Siliwangi, Vol. 1, No. 1, 2019.

Uce, Loeziana. Masa Efektif Merancang Kualitas Anak, Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, Vol.1, No. 2, 2017.

Wirsa, Khairani, dan Saridewi Saridewi. Studi Deskriptif Pengaruh Metode Bercerita Bilingual Terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 2, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.