Pelaksanaan Pembelajaran Quran Hadis Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Hulu Sungai Utara

Haji Hamli, Syarifuddin Syarifuddin

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran Quran serta faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran Quran Hadis kelas 3 dan 4 di MIN 1. Subjek penelitian ini adalah guru Quran Hadis kelas 3 dan 4. Adapun objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Quran Hadis dan faktor yang mempengaruhi pembelajaran Quran Hadis tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yang diartikan sebagai kegiatan pengecekan data melalui beragam teknik dan sumber. Hasil penelitiannya adalah bahwa pelaksanaan pembelajaran Quran Hadis di MIN 1 HSU terdiri dari tiga tahap perencanaan, proses pelaksanaan dan evaluasi. Ketiga tahap tersebut dapat dilaksanakan dengan baik dan terarah. Adapun faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran Quran Hadis di MIN 1 HSU terdiri dari faktor guru, siswa, lingkungan dan sarana prasarana.



Keywords


Pelaksanaan Pembelajaran Quran Hadis, Faktor, dan MIN 1 HSU

Full Text:

PDF

References


Fatimah, Nisfu Ema. dan Nurodin Usman. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Fiqih di MI Al Islam Tonoboyo Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Tarbiyatuna. Vol. 8. No. 1. Juni 2017.

Hardani, dkk. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu. 2020.

Margarita dan Phidolija. Frofesi Guru adalah Misi Hidup. Jawa Barat: Penerbit Adab. 2021.

Marianingsih, Nining. dan Mistina Hidayati. Bukan Kelas Biasa Teori Praktek Berbagai Model dan Metode Pembelajaran. Surakarta : Kekata Publisher. 2018.

Masykur, Mohammad Rizqillah. Metodologi Pembelajaran Fiqih. Jurnal Al-Makrifat. Vol. 4. No. 2. Oktober 2019.

Mekarisce, Arnild Augina. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat. Vol. 12. No. 3. 2020.

Napitupulu, Dedi Sahputra. Kompetensi Kepribadian Guru Upaya Meningkatkan Ranah Afektif Siswa. Jawa Tengah:Fire Publisher. 2017.

“Profil Sekolah,” MIN 1 HULU SUNGAI UTARA, diakses 15 Maret 2022, http://30302743.siap- sekolah.com/sekolah-profil/.

Pratiwi, Nuning Indah. Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial. Vol. 1. No. 2. 2017.

Putra, Orizsan. Nurlaili, dan Ali Akbarjono. Kontribusi Pendidik dalam Meningkatkan Keterampilan Dasar Membaca Siswa Kelas Rendah di SD. Jurnal Pustaka Indonesia. Vol. 1. No. 1. 2021.

Raihan. Metodologi Penelitian. Yakarta:tt. 2017.

Samsu. Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research dan Development. tt:Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan. 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2016.

Suyoto, Sandy. dan M. Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogjakarta: Literasi Media Publishing. 2015.

Yusuf, Muri. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana. 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.