Peranan Model Pembelajaran Vygotski Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi

Imam Tabroni, Dian Aswita, Alim Hardiansyah, Normanita Normanita

Abstract


Pandangan belajar terlahir dari berbagai pendapat para ahli salah satunya adalah teori belajar Vygotsky. Literasi numerasi adalah pengetahuan dan kecakapan untuk (a) menggunakan  berbagai  macam angka dan simbol-simbol  yang  terkait  dengan matematika  dasar  untuk  memecahkan  masalah  praktis dalam berbagai  macam konteks  kehidupan  sehari-hari  dan  (b)  menganalisis  informasi  yang  ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dan sebagainya) lalu menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Model Pembelajaran Literasi Numerasi dapat dikembangkan secara situasional dengan mempertimbangkan beberapa hal. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan menggunakan ragam teori pembelajaran sebagai data analisis yang kemudian data tersebut di analisis dengan menggunakan teknik content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi teori Vygotsky dalam aktivitas pembelajaran meliputi : socio cultural learning, cognitive apprenticeship, zone of proximal depelovment, dan scaffolding. Dimensi pembelajaran yang ditawarkan oleh Vygotski meangakomodir ragam gaya belajar siswa sehingga juga menjadi solusi pembelajaran bagi anak dengan keterlambatan penyerapan pengetahuan di kelas. Penelitian ini berkontribusi terhadap teori-teori pembelajaran abad 21.


Keywords


Vygotsky, Literasi, Numerasi

Full Text:

PDF

References


Atana Sa’adah, Dkk. “Scaffolding Dalam Pembelajaran Trigonometri Berbantuan Soal Hots Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematika” Vol. 2 No. 1 (January 2021): 8.

Dhina Cahya Rohim, Dkk. “Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar” Vol. 33 No. 1 (July 2021): 9. Https://Doi.Org/10.23917/Varidika.V33i1.14993.

Dr. Hasanuddin, M.Si. Biopsikologi Pembelajaran - Teori Dan Aplikasi. Pertama, 2017. Banda Aceh: Syariah Kuala University Press, N.D.

Ezra Putranda Setiawan. “Analisis Muatan Literasi Statistika Dalam Buku Teks Matematika Kurikulum 2013.” Department Of Mathematics Education Vol. 14 No 2 (Desember 2019): 18.

Hilman Mangkuwibawa, Dkk. “Pengembangan Dan Validasi Perangkat Pembelajaran Berorientasi Literasi Membaca Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv,” N.D., 9.

Isrok’atun, Amelia Rosmala. Model-Model Pembelajaran Matematika. Pertama, Maret 2018. Jakarta: Pustaka Nasional: Katalog Dalam Terbitan (Kdt), N.D.

Leny Latifah, Dkk. “Dampak Stimulasi Kognitif Berbasis Pengasuhan Disertai Lntervensi Lodium Pada Perkembangan Kognitif Anak Pra Sekolah Di Daerah Endemik Gaki,” 2012, 91.

Lupita Jane Suwandi. “Pembelajaran Berpikir Simbolik Dan Keaksaraan Untuk Siswa K1 Selama Pembelajaran Jarak Jauh” Vol. Xxxvii No. 1 (June 2021): 15.

Novia Faiz Safitri. “Persetujuan Pembimbing ‘Analisis Keterampilan Sosial Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Untuk Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar,’ November 1, 2019, 136.

Nyoman Dantes, Ni Nyoman Lisna Handayani. “Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V Sd Kota Singaraja” Vol.1 No. 3 (2021): 14.

Salma Rozana, S.Pd, M.Pddan Rini Hayati, S.Pd, M.Pd, Dwi Septi Anjas Wulan, S.Pd, M.Pd. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Terori Dan Praktik. Pertama, September 2020. Jawa Barat: Edu Publisher, N.D.

Shofan Fianggal, Dkk. “Penulisan Soal Literasi Numerasi Bagi Guru Sd Di Kabupaten Ponorogo” Vol.1 No. 1 (November 2019): 10.

Simon Panjaitani, Dkk. “Arah Dan Trend Penelitian Pendidikan Matematika Di Jurnal Riset Pendidikan Matematika (Jrpm)” Vol.3 No 1 (February 2021): 14.

Wendy Dian Patriana, Dkk. “Pengelolaan Pembelajaran Berorientasi Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar Dalam Kegiatan Kurikuler Dan Ekstrakurikuler” Vol. 9 No 2 (September 2021): 16.

Zukhrufurrohmah, Octavina Rizky Utami Putri. “Pendampingan Pengembangan Instrumen Berciri Literasi Numerasi Dalam Menyiapkan Akm Pada Guru Sd” Vol. 4 No.2 (Desember 2021): 12.

Crain, W. Theories Of Development: Concepts And Applications. Taylor & Francis, 2015.

Heni Hermaningsih Sm Imam Tabroni, Elda Sri Lestari. “Efforts To Increase Students’ Learning Motivation In Al-Qur’an Hadith Lessons About The History Of The Decline And Writing Of The Qur’an With Cbsa.” Jurnal Multidisiplin Madani (Mudima) 2, No. 2 (N.D.): 795–804.

Hill, W F. Learning: A Survey Of Psychological Interpretations. Harper & Row, 1990.

Imam Tabroni, Ayit Irpani, Didih Ahmadiah, Akhmad Riandy Agusta, Sulaiman Girivirya, Dan Ichsan. “Implementation And Strengthening Of The Literacy Movement In Elementary Schools Pasca The Covid-19 Pandemic.” Multicultural Education 8, No. 01 Se-Articles (Februari 2022): 15–31.

Imam Tabroni, Jamali Sahrodi, Ulfiah, Dan Lindawati. “Early Childhood Education In Islamic Education Perspective.” Ulil Albab : Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, No. 4 Se-Articles (Maret 2022): 901–909.

Imam Tabroni, Rendy Afrizal, Elsa Nurmawati, Siti Nurlatifah, Dan Siti Nurlatifah. “Character Building: An Answer To The Worsening Of Human Character?” Soko Guru: Jurnal Ilmiah Kependidikan 1, No. 3 Se-Articles (Desember 2021): 11–14.

Lloyd, P, Dan C Fernyhough. Lev Vygotsky: Critical Assessments. Critical Assessments Of Leading Psychologists. Routledge, 1999.

Monette, D R, T J Sullivan, Dan C R Dejong. Applied Social Research: A Tool For The Human Services. Cengage Learning, 2013.

Schunk, D H. Learning Theories: An Educational Perspective. Schunk, D. Pearson Education, 2015.

Tabroni, Imam. Model Pendidikan Islam: Teknik Mendidik Anak Dengan Treatment Di Era 4.0. Bandung: Cv Cendekia Press, 2019.

Tabroni, Imam, Fitriani Nasihah, Dan Ijah Bahijah. “The Implementation Of School Culture-Based Character Education In Salem State Elementary School, Pondoksalam Subdistrict, Indonesia.” Erudio Journal Of Educational Innovation; Vol 8, No 2 (2021): Erudio Journal Of Educational Innovation (Desember 2021).

Tabroni, Imam, Dan Rini Purnamasari. “Kajian Yasinan Mingguan Dalam Membina Karakter Masyarakat Pada Masa Covid-19 Di Perumahan Lebak Kinasih Purwakarta.” Sivitas : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 2, No. 1 (2022): 9–18.

Tabroni, Imam, Rini Purnama Sari, Dan Diaz Budiarti. “Modern Challenges And Parental Domination In Educating Children’s Morals.” L’geneus : The Journal Language Generations Of Intellectual Society 11, No. 1 (2022): 20–24.

VygotskiUI. The Collected Works Of L. S. Vygotsky: The History Of The Development Of Higher Mental Functions, N.D.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.