Konsep Pengembangan Self-Esteem Pada Anak Untuk Membangun Kepercayaan Diri Sejak Dini

Ilham Kamaruddin, Imam Tabroni, Muna Azizah

Abstract


Konsep diri bukanlah sesuatu yang dibawa sejak lahir. Bahkan ketika lahir, kita tidak memiliki konsep diri, tidak memiliki pengetahuan tentang diri, dan tidak memiliki penghargaan tertentu terhadap diri kita. Konsep diri akan terbentuk sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena itu, anak-anak membutuhkan konsep diri untuk dapat masuk dan diterima lingkungan sosialnya, dan salah satu pembentuk konsep diri itu yakni dengan adanya self-esteem (harga diri). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi literatur. Kegiatan penelitian dengan studi literatur dilakukan peneliti dengan cara mencari data dari berbagai sumber tertulis, baik berupa buku, artikel, dan jurnal yang relevan dengan obyek penelitian, sehingga masalah dapat dipecahkan dengan menelaah sumber-sumber data yang sudah terkumpul sebelumnya dan tidak perlu lagi riset secara langsung di lapangan. Kepercayaan diri seorang anak tentu tidak timbul dengan sendirinya. Orang tua mempunyai peran terbesar dalam menumbuhkan self-esteem anak agar menjadi individu yang percaya diri. Self-esteem adalah cara seorang anak berpikir dan merasakan segala sesuatu tentang dirinya. Apakah ia merasa dicintai, disayangi, dihargai, atau justru merasa diabaikan dan ditolak, perasaan inilah yang kemudian akan menentukan baik/buruk perilakunya. Orang tua yang mampu menunjukkan rasa cinta, kasih sayang, dan penghargaan, bahkan ketika anak berbuat salah sekalipun, akan membuat self-esteem anak menjadi positif. Anak akan tumbuh menjadi sosok yang bersyukur dan percaya diri. Sebaliknya, orang tua yang lebih sering menunjukkan rasa marah, kecewa, atau frustrasi ketika melihat perilaku anak akan menciptakan self-esteem yang negatif dalam diri anak.


Keywords


Konsep diri, self-esteem, kepercayaan diri

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ayu Anggraeni, Made. "Penerapan Bermain untuk Membangun Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini". Jurnal Of Early Childhood and Inclusive Education. Vol. 1. No.2. 2017.

B. Ganiau, Maryam. Perkembangan Remaja dan Problematikanya. 2021 Yogyakarta: PT. Kanisius, 2021.

Cahya Dewi, Novi. "Pengembangan Harga Diri anak Usia Dini". Jurnal Studi Islam. Vol. 2. No. 2. 2015.

Daan, Engel, Jacoob. Panduan Layanan Logo Konseling Berbasis Website. Yogyakata: PT. Kanisius, 2020.

Diananda, Amita. "Kelekatan Anak pada Orang Tua dalam Meningkatkkan Perkembangan Kognitif dan Harga Diri". Vol. 3. No. 2. 2020.

El Syakir, Septian. Islamic Hypnoparenting Mendidik Anak Ala Rasulullah. Jakarta Selatan: PT . Kawan Pustaka, 2014.

Fitri Nur Aini, Dian. "Self Esteem pada Anak Usia Sekolah Dasar untuk Pencegahan Kasus Bullying". Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. Vol. 6. No. 1. 2018.

Hidayat. "Implementasi Program Bimbingan dan Konseling bagi Pengembangan Self Esteem pada Anak Usia SD/MI". Vol. 3. No. 1. 2010 .

Ifdil. Nikmarijal. "Urgensi Peranan Keluarga bagi Perkembangan Self-Esteem Remaja". Jurnal Konseling dan Pendidikan. Vol. 2. No. 2. 2014.

Islamiah, Nur. "Cognitive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Self-Esteem pada Anak Usia Sekolah". Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. Vol. 8. No. 3. 2015.

M. Rahman, Muzdalifah. "Peran Orang Tua dalam Membangun Kepercayaan Diri pada Anak Usia Dini". Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 8. No. 2. 2013 .

Murtanti Putri, Dianingtyas. "Pembentukkan Konsep Diri Anak Usia Dini di One Earth School Bali". Jurnal Communication Spectrum. Vol. 2. No.1. 2012 .

Parengkuan, Erwin. Talkinc Points For Parents Menjadi Teman Berlatih Anak untuk Mengenali Diri, Menggali Mimpi, dan Mengekspresikan Dirinya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka, 2010.

Purna Putra, Hastha. "Peningkatan Self-Esteem Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sugesti". Jurnal Islamic Counseling. Vol. 1. No.1. 2017.

Rohmah, Jazilatur. "Pembentukkan Kepercayaan Diri Anak Melalui Pujian". Jurnal Perempuan dan Anak. Vol. 2. No. 1. 2018 .

Roro Michelle Fabiani, Raden. "Pentingnya Peran Orang Tua dalam Membangun Kepercayaan Diri Seorang Anak dari Usia Dini". Vol. 7. No. 1. 2020.

Safitri, Wirda. “Peran Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun,” t.t., 1–11.

Ulya, Nadiya. "Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Anak Usia". Jurnal Golden Age. Vol. 5. No. 2. 2021.

Wahyuni, Sri. "Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di Kelompok B RA An-Nida". Vol. 5. No. 2. 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.