Analisis Perkembangan Psikologis Anak Yang Tumbuh Dalam Keluarga Step Parent

Imam Tabroni, Agus Mukholid, Silawati Silawati

Abstract


Keluarga adalah bagian terpenting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak, dalam keluarga anak mendapatkan pendidikan serta dukungan dalam kehidupannya sehari-hari. Tetapi dalam beberapa kasus, mengharuskan orang tua bercerai dan menikah kembali, sehingga anak memiliki orangtua tiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan psikologis anak yang tumbuh dalam keluarga step parent. Pendekatan penelitian adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. informan dari penelitian adalah tiga orang anak dengan usia di bawah 17 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perkembangan psikologis anak yang tumbuh dalam keluarga step parent dapat berkembang baik seperti anak yang tumbuh dalam keluarga pada umumnya, tergantung pada perlakuan orangtua tiri kepada anak  dan penerimaan diri anak terhadap orangtua tirinya. Jika orang tua tiri mampu membangun bonding dengan anak, maka anak akan merasa keluarganya utuh seperti keluarga lain. Sebaliknya, jika orangtua tiri tidak mampu membangun bonding dengan anak, anak akan cenderung menutup diri dan menolak keadaan, sehingga dapat menghambat komunikasi anak dengan orang tua.


Keywords


Perkembangan, Psikologis anak, step parent

Full Text:

PDF

References


Astuti, Diah. “Menjadi Ibu Tiri untuk Anak Cerebral Palsy.” INKLUSI 6, no. 2 (21 Oktober 2019): 211. https://doi.org/10.14421/ijds.060202.

Dewi Aisyah, Sri Nawang Wulandari, Agung Suci Dian Sari, Dina Fitriyah. “Identifikasi Perkembangan Kognitif Peserta Didik Kelas VI MI Miftahul Huda Cendono di Masa Pandemi” 9, no. 3 (Agustus 2021).

Ditha Prasanti. “Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan dalam Pencarian Informasi Kesehatan” 6, no. 1 (Juni 2018): 16.

Fatihul Mufidatu z, Yulia Sholichatun. “Penerimaan Diri Remaja yang Memiliki Keluarga Tiri” 13 (2016): 29–37.

Hyoscyamina, Darosy Endah. “Peran Keluarga Dalam Membangun Karakter Anak.” t.t. 9.

Mahfudh Fauzi. Diktat Matakuliah Psikologi Keluarga. Press. 2018.

Mufidatu Z, Fatihul, dan Yulia Sholichatun. “Penerimaan Diri Remaja yang Memiliki Keluarga Tiri.” Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam 13, no. 1 (30 Juni 2016): 29. https://doi.org/10.18860/psi.v13i1.6407.

Najib, Khasbi Ainun, dan Liza Savira. “Analisis Kedekatan Orang Tua Dan Perkembangan Kecerdasan Sosial Pada Anak Broken Home Santri Pondok Pesantren Falahussyabab Yogyakarta” 05, no. 2 (2021): 16.

Nuning Indah Pratiwi. “Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi” 1. no. 2. 2 Agustus 2017.

Ramadhan Witharsa, Robiyyah, Diyan Eka Sari. “Pengaruh Pola Asuh Ib Terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini Di Tk Kenanga Kabupaten Bandung Barat” 2, no. 1 (2018).

Sarbini, Wasil, dan Kusuma Wulandari. “Kondisi Psikologi Anak dari Keluarga Yang Bercerai (The Conditions Of Child Psychology Toward Family Divorced).” 2014. 5.

Sundari, Arie Rihardini dan Febi Herdajani “Dampak Fatherless Terhadap Perkembangan Psikologis Anak” t.t. 16.

Wahyu Utami. “Strategi Family Theraphy Untuk Memperbaiki Komunikasi dalam Keluarga di Ngajuk” 2. no. 2. Desember 2017.

Widanarti, Niken, dan Aisah Indati. “Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dengan Self Efficacy Pada Remaja Di Smu Negeri 9 Yogyakarta.” t.t. 12.

Widiastuti, Reski Yulina. “Dampak Perceraian Pada Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun.” t.t. 11.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.