Peran Nuclear Family Sebagai Support System Terhadap Pendidikan Anak
Abstract
Keluarga memiliki bentuk yang cukup beragam, salah satunya ialah bentuk keluarga nuclear family. Nuclear family merupakan keluarga inti yang anggotanya terdiri dari ayah, ibu dan anak atau suami, istri dan anak. Dalam nuclear family ini, peran orang tua sangatlah penting terutama terhadap pendidikan seorang anak. Orang tua merupakan tempat pertama bagi anak untuk mendapatkan pendidikan. Melalui orang tua, anak di ajarkan tentang pentingnya nilai-nilai moral, spiritual, dan etika. Selain pendidikan di rumah, orang tua juga harus memperhatikan pendidikan anak di luar rumah seperti sekolah atau di lingkungan sekitar dan menjadi support system terbaik untuk mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang support system yang diberikan oleh nuclear family (keluarga inti) terhadap pendidikan anak mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah orang tua dari nuclear family (keluarga inti) dan informasi tambahan dari pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua bukan hanya dari segi materi namun orang tua juga berperan penting dalam perkembangan mental seorang anak. Dukungan orang tua memiliki beberapa bentuk yang sangat dibutuhkan oleh seorang anak dalam kehidupannya terutama untuk pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Zaidin. Pengantar Keperawatan Keluarga. Jakarta: Buku Kedokteran EGC, 2010.
Alin, Puspita Arni. Dukungan Orang Tua pada Kemampuan Menulis Kreatif Anak. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol. 4, No. 3, September 30, 2016.
Emeralda, Gina Nadya, and Ika Febrian Kristiana. Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Motivasi Belajar pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Empati. Volume 7, Nomor 3, Agustus 2017.
Erica, Denny, Haryanto Haryanto, Mari Rahmawati, and Irwin Ananta Vidada. Peran Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini dalam Pandangan Islam. Perspektif Pendidikan dan Keguruan. Vol. 10, No. 2, October 23, 2019.
Esti, Ns Amira, and Trimona Rita Johan. Buku Ajar Keperawatan Keluarga Askep Stroke. Padang: Pustaka Galeri Mandiri, 2020.
Hardyanti, Sri, Diah Karmiyati, and Diana Hidayati. Parenting Self Efficacy Ayah pada Nuclear Family dan Extended Family. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Vol. 5, No. 2, November 7, 2017.
Irawan, Edi, Syaiful Arif, Arif Rahman Hakim, Ulum Fatmahanik, Wirawan Fadly, Sofwan Hadi, Faninda Novika Pertiwi, et al. Pendidikan Tinggi di Masa Pandemi: Transformasi, Adaptasi, dan Metamorfosis Menyongsong New Normal. Zahir Publishing, 2020.
Jounal Provitae. Yayasan Obor Indonesia, n.d.
Luthfiyah, Muh Fitrah. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. CV Jejak: Jawa Barat, 2018.
Muslim. Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Anak dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
Nurrohmatulloh, Muhammad Asep. Hubungan Orientasi Masa Depan dan Dukungan Orang Tua dengan Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol. 4, No. 1, January 30, 2016.
Rakhmawati, Istina. Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vol. 6, No. 1, June 2015.
Saibun Panjaitan, Marisi Simanungkalit, Yohanes Wardoyo, Franky Tuerah, and Nathan Roson. Hubungan antara dukungan Keluarga Inti dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Kerusso. Vol. 3, No. 3, March 27, 2018.
Tanjung, Bunga Shashilya, and Mega Iswari. Dukungan Orangtua terhadap Prestasi Anak Tunanetra di Sekolah Inklusi. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus. Vol. 7, No. 2, 2019.
Triyono. Konstribusi Dukungan Orang Tua terhadap Tingkat Aspirasi Pendidikan Lanjutan. Jurnal Pelangi. Vol. 8, No. 2, June 2016.
Wibhowo, Christin, and Ridwan Sanjaya. Teknologi Informasi dalam Intervensi Psikologi: Kepribadian Ambang. Bendan Duwur Semarang: SCU Knowledge Media, 2021.
Yusselda, Meka, and Ice Yulia Wardani. Dampak Dukungan Keluarga terhadap Kualitas Hidup Lansia. Jurnal Keperawatan. Vol. 8, No. 1, March 28, 2016.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.