Peran Pendidikan Multikultural Dalam Meminimalisir Problematika Anak Di Sekolah

Suarlin Suarlin, Elpisah Elpisah, Noor Munadia Mawaddati

Abstract


Pendidikan multikultural adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian didalam dan diluar sekolah yang mempelajari tentang berbagai macan status sosial, ras, suku, agama agar tercipta kepribadian yang cerdas dalam menghadapi masalah-masalah keberagaman budaya. Tujuan penelitian ini adalanh untuk mengetahui peran pendidikan multikultural dam meminimalisir problematika anak di sekolah.  Permasalahan yang sering terjadi memerlukan jalan keluar dan tindakan yang nyata. Oleh karena itu pendidikan multikultural memiliki peran dalam meminimalisir problematika anak disekolah seperti radikal atau perkelahian dan juga bullying. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi literatur, penelitian ini dapat diambil dari berbagai macam referensi yaitu dari jurnal ilmiah (online) dan internet. Hasil kesimpulan dari penelitian ini bahwa pendidikan multikultural yang dimasukkan ke dalam proses pembelajaran di sekolah akan memberikan peta pemahaman yang jelas kepada siswa-siswi di sek0lah ataupun madrasah dan hal ini tentunya akan mengurangi bahkan menghilangkan perilaku negatif dalam diri siswa seperti perilaku bullying yang mengarah kepada kekerasan secara fisik dan mental. Penelitian ini berkontribusi terhadap isu-isu pendidikan yang berupaya untuk memberikan karakter saling menghargai dalam diri siswa.


Keywords


Pendidikan, Multikultural, Problematika, Anak

Full Text:

PDF

References


A. Octamaya Tenri Awaru, Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural Di Sekolah

Abdul Rohman Dan Yenni Eria Ningsih, Pendidikan Multikultural: Penguatan Identitas Nasional Di Era Revolusi Industri 4.0

Ahmad Lonthor, Peran Pendidikan Multikultural Dalam Menciptakan Kesadaran Hukum Masyarakat Plural, Jurnal Academia Vol. Xvi, No. 2, Desember 2020

Fathana Haslami, Pentingnya Pendidikan Multikultural Sebagai Upaya Pencegahan Culture Shock. Jurnal Sipatokkong Bpsdm Sulawesi Selatan Vol 1 No 4 Tahun 2020

M. Agus Nuryatno, Mazhab Pendidikan Kritis Menyingkap Relasi Pengetahuan, Politik, Dan Kekuasaan (Resist Book, Yogyakarta: 2008), H. 81.

Muhammad Anas Ma`Arif Dan Indri Cahyani, Pendidikan Multikultural Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik, Ta’lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol.2 No.2 Juli2019

Nana Najmina, Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia, Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Vol. 10 No.1 2018

Nur Latifah, Dkk, Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka) Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara Vol 6 No. 2 Januari 2021

Praptini, Peranan Pendidikan Multikultural Dalam Menanamkan Pendidikan Nilai Untuk Membentuk Masyarakat Yang Menghargai Budaya Bangsa, Jurnal Unwaha Jombang, 29 September 2018

Rosita Endang Kusmaryani. Pendidikan Multikultural Sebagai Altemati' Penanaman Nilai Moral Dalam Keberagaman. Jurnal Paradigma, Edisi. 2. Tahun. 2006. H. 50.

Ruslan Ibrahim, Pendidikan Multikultural: Pluralitas Agama, Jurnal Pendidikan Islam-Eltarbawi No. 1. Vol. I. 2008

Sielvyana, Dkk. Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Anak Bangsa, Jurnal Pendidikan Tambusai Vol 5 No. 3 Tahun 2021

Sielvyana, Dkk. Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Anak Bangsa, Jurnal Pendidikan Tambusai Vol 5 No. 3 Tahun 2021

Sitti Mania. Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan. Edisi 13. Tahun. 2010. H. 83

Sri Suneki Dan Haryono, Pendidikan Multikultural Dalam Mengantisipasi Problematika Sosial Di Indonesia, Jurnal Ilmiah Civis, Volume X, No 1, Januari 2021




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.