Penerapan Media Video Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Inpres 10/73 Tanete

Muh Syahrul Sarea, Nur Fadillah, Arsyi Alifah, A. Resti, Wardania Wardania

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), bertujuan untuk mengukur besar peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan media video interaktif.Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres 10/73 Tanete, Kecamatan Cina Tahun Ajaran 2021/2022 pada bulan November 2021 dan diselenggarakan di kelas IV SD Inpres 10/73 Tanete yang terdiri dari 15 dari 30 siswa. Subjek penelitian 15 peserta didik mengacu pada kebijakan sekolah dikarenakan adanya pembagian kelas menjadi 2 kelompok saat memasuki masa new normal. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument  tes dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-ratanya sebesar 78,7 dengan persentase keberhasilan peserta didik sebesar 86,6% meningkat pada siklus II dengan ratarata hasil belajar sebesar 88,6 dengan persentase keberhasilan 93,3%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IVB SD Inpres 10/73 Tanete sebesar 9,9%.


Keywords


Media Video Interaktif, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Chamidatut, T. (2021). Media Pembelajaran Bahasa Arab Secara Daring Di Madrasah Ibtidaiyah Diponegoro 03 Karangklesem Purwokerto Selatan Banyumas. IAIN Purwokerto.

Gunawan, D. (2020). Pengaruh Media Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kelasa Iv Sd Negeri 2 Karangrejo Trenggalek. EDUPROXIMA: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(1).

Izzudin, A. M., Masugino, M., & Suharmanto, A. (2013). Efektivitas penggunaan media pembelajaran video interaktif untuk meningkatkan hasil belajar praktik service engine dan komponen-komponennya. Automotive Science and Education Journal, 2(2).

Kurniawan, T. D., & Trisharsiwi, T. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosia Lsiswa Kelas V SD Se-kecamatan Gedangsari Gunungkidul Tahunajaran2015/2016. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1).

Kusumawati, N., & Maruti, E. S. (2019). Strategi belajar mengajar di sekolah dasar. Cv. Ae Media Grafika.

Lase, S. (2018). Hubungan antara motivasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa smp. Jurnal Warta Edisi, 56, 1–829.

Marbun, S. M., Th, S., & PdK, M. (2018). Psikologi Pendidikan. Uwais Inspirasi Indonesia.

Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Purwati, P. (2021). Implementasi Media Video Animasi Interaktif Secara Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Kelas IV SDN Tulung 03 Pada Tema 8 Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 3(2), 124–134.

Ramadhani, R., Masrul, M., Nofriansyah, D., Abi Hamid, M., Sudarsana, I. K., Sahri, S., Simarmata, J., Safitri, M., & Suhelayanti, S. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Sulfemi, W. B., & Minati, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 SD Menggunakan Model Picture And Picture dan Media Gambar Seri. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 228–242.

Us, K. A., & Mahdayeni, M. (2019). Penggunan E-Learning, E-Book, E-Journal dan Sistem Informasi Pendidikan Islam di Universitas Sriwijaya Palembang. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 19(1), 43–64.

Windiyani, T., Novita, L., & Permatasari, A. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Gambar Fotografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 91–101.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.