Dongeng Sebagai Sarana Meningkatkan Budaya Literasi Siswa Kelas 3 Kelurahan Sindang Barang

M. Dahlan R, Syntia Maulani Rizki, Muhammad Fahri

Abstract


Budaya literasi merupakan kemampuan membaca dan menulis serta mampu menggunakan dalam kehidupan, budaya ini menjadi sangat penting sebagai kompetensi bagi setiap individu termasuk siswa, budaya literasi ini harus dibiasakan dengan berbagai cara dan sarana agar siswa terbiasa untuk membaca dan lahir darinya imajinasi dan rasa ingin tahu dari kisah-kisah tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran dongeng sebagai sarana meningkatkan budaya literasi siswa kelas 3 sekolah dasar di Kelurahan Sindang Barang, dilaksanakan sejak Januari sampai Maret 2022. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan datanya dengan angket. Angket dikembangkan untuk mengetahui literasi sebelum dan sesudah diceritakan dongeng, diberikan pada 11 siswa kelas 3 sekolah dasar dengan purposive sampling kemudian data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dongeng; dapat memberikan dorongan bagi siswa untuk mendengarkan lebih banyak, berani mencertakan ulang dongeng, berani mendongeng cerita sendiri, mau membaca lebih banyak, menulis apa yang diceritakan, senang dengan buku cerita,dan mau menulis sendiri cerita untuk dongeng.


Keywords


Budaya Literasi, Dongeng, Sarana

Full Text:

PDF

References


Ardini, P. P. (2015). Pengaruh Dongeng dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7-8 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2905

Dini Numalisa. (2016). Keterampilan Menulis Kembali Dongeng Dengan Teknik Bola Panas. Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.

Fitroh, S. F. (2015). Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini. Universitas Trunojoyo Madura, 2, 76–149.

Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903–917. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062

Hanafi. (2017). Pembentukan Karakter Anak Melalui Dongeng. Jurnal Pendidikan Karakter “JAWARA” (JPKJ), 3(2), 117–128.

Kurniawan, D. (2019). Problematika Guru Dalam Melaksanakan Program Literasi Di Kelas IV Sekolah Dasar, III(2), 31–37.

Nurfadillah, D., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan Media Cerita Bergambar dalam Penguraian Pesan pada Dongeng di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 217–225.

Primadi Tabrani. (2014). Proses Kreasi Gambar dan Proses Belajar. Jakarta: Erlangga.

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Rukiyah, R. (2018). Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. Anuva, 2(1), 99. https://doi.org/10.14710/anuva.2.1.99-106

Sri Herminingrum. (2021). Dongeng batala Satwa dalam Bingkai Folklor Lingkungan Nusantara. Malang: Media Nusa Creative.

Suaibun. (2018). Peran Dongeng Dalam Revolusi Mental. Jurnal Realita, 3(5), 495–500.

Sumartini, L. P. A., Antara, P. A., & Magta, M. (2017). Pengaruh Metode Dongeng Interaktif Terhadap Karakter Anak Pada Taman Kanak-Kanak Kuncup Harapan Singaraja. Journal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1–10. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/10978

Trihastuti, A., Mulya, Y. A., Abdillah, Z., & Hidayati, F. (2018). Pengaruh Dongeng Dalam Peningkatan Emosi Positif Anak Usia Prasekolah. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 15(2), 1. https://doi.org/10.18860/psi.v15i2.6736

Yusuf, I., & Asrifan, A. (2020). Peningkatan Aktivitas Kolaborasi Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Stem Dengan Purwarupa Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 5 Yogyakarta (Improving Collaboration of Physics Learning Activities through the STEM Approach). Uniqbu Journal of Exact Sciences (UJES), 1(3), 32–48.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.