Pengaruh Teknik Penilaian Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bilangan Bulat Ditinjau Dari Sikap Siswa

Andi Asma

Abstract


Kompetensi guru menjadi isu penting dalam beberapa tahu terakhir, khususnya bagaimana kompetensi guru Ketika pandemi covid-19, dan yang menjadi perhatian utama adalah kemahiran guru dalam melakukan Teknik penilaian terhadap hasil belajar siswa di kelas. Penelitian bertujuan untuk melihat pengaruh teknik penilaian terhadap hasil belajar matematika pada materi bilangan bulat ditinjau dari sikap siswa. Penelitian ini dilakukan  pada SD/MI  yang ada di kota makassar dengan sampel 20 siswa dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan  kuesioner dan tes hasil belajar, analisis data menggunakan two way ANOVA (desain faktorial 2 x 2). Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) hasil belajar matematika pada materi bilangan bulat pada siswa dengan menerapkan teknik penilaian kinerja lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mendapat penilaian tes uraian, 2) dari sikap siswa terdapat interaksi antara teknik penilaian dengan hasil belajar bilangan bulat, 3) pembelajaran matematika materi bilangan bulat pada kelompok siswa yang memiliki sikap positif yang mendapat penilaian kinerja lebih tinggi daripada penilaian tes uraian.


Keywords


Bilangan bulat, Hasil Belajar , Sikap Siswa, Teknik Penilaian

Full Text:

PDF

References


Arifuddin, Ahmad, and Siti Rohmah Arrosyid. ““Pengaruh Metode Demonstrasi Dengan Alat Peraga Jembatan Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat,” 2017. https://doi.org/Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 4(2):165. doi: 10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1834.

Bachtiar, Andi. “Pengaruh Model Pembelajaran ASSURE Terhadap Kreativitas Peserta Didik.” Https://Ejournal.Unibabwi.Ac.Id/Index.Php/Transformasi/Article/View/1200 5, no. 1 (2021). https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/transformasi/article/view/1200.

Badriani, Elmayanti, Edi Prio baskoro, and Budi Manfaat. “Perbandingan Penerapan Teknik Penilaian Kinerja Dan Teknik Penilaian Tertulis Tipe Uraian Terbatas Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa.” Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching 4(2) 4, no. 2 (2015). https://doi.org/doi: 10.24235/eduma.v4i2.26.

Hanafy, Muh. Sain. “Konsep Dan Pembelajaran.” Lentera Pendidikan 17(1):66–79., 2014. https://doi.org/Lentera Pendidikan 17(1):66–79.

Hartati, Leny. “Pengaruh Gaya Belajar Dan Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3(3):224–35, 2015. https://doi.org/doi: 10.30998/formatif.v3i3.128.

Linn, Robert dan Norman E. “Measurement and Assesment in Teaching.” New Jersey: Prentice-hallInc., 1995.

Pane, Apriada. “Belajar Dan Pembelajaran Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang.” Fitrah 03(2):333–52., 2017. https://doi.org/Fitrah 03(2):333–52.

Sobur, Alex. Psikologi Umum. Pustaka Setia, Bandung, 2007.

Suharsimi Arikunto. “Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.” Dalam Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta :Bumi Aksara, 2007.

———. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Sukardi. “Metodologi Penelitian Pendidikan.” Jakarta: Bumi Aksara., 2003.

Uno, Hamzah. “Teori Kinerja Dan Pengukurannya.” Jakarta: Bumi Aksara., 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.