Peran Literasi Teknologi Dalam Dunia Pendidikan
Abstract
Perkembangan bidang teknologi melahirkan tantangan baru di era industry 4.0, salah satunya adalah pendidikan. Pendidikan pada abad ini mengalami tantangan yang sangat besar. Jika cara mengajar tidak dirubah maka kita akan mengalami kesulitan besar Menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat, literasi sains dan teknologi menjadi kunci dan landasan utama yang harus dimiliki. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan teknik pengumpulan melalui data tertulis dari berbagai sumber, baik buku maupun jurnal yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik content analisis. Hasil peneliti menunjukkan bahwa literasi teknologi adalah kemampuan memahami kelengkapan yang mengikuti teknologi seperti peranti keras (hardware), peranti lunak (software), serta etika dan etiket dalam memanfaatkan teknologi Literasi teknologi informasi dan komunikasi memegang peranan penting dalam dunia pendidikan. Salah satunya yaitu memudahkan akses informasi dan pengelolaan informasi. Selain itu, Literasi teknologi juga memiliki peran dalam proses interaksi dan komunikasi selama proses pembelajaran. Bahkan literasi teknologi pun mengembangkan aspek social dan etika dalam penggunaan teknologi. Pada ISTE Standar for Student dijelaskan bahwa literasi teknologi informasi dan komunikasi mengarahkan para siswa untuk terlibat secara positif, aman dan menjaga etika ketika menggunakan teknologi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Jazim, dan Fajri Arif Wibawa. “Peran Literasi Teknologi Dalam Pembelajaran Daring.” 2021 6 (Desember): 237–43.
Ahmadi, Farid, dan Hamidulloh Ibda. Konsep dan Aplikasi Literasi Baru di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. 2 ed. Jawa Tengah: CV. Pilar Nusantara, 2020.
Astini, Ni Komag. “Pentingnya Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Menyiapkan Generasi Milenial.” 2019, t.t., 113–21.
Cholik, Cecep. “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan di Indonesia.” 2017 2 (t.t.): 21–30.
Fredlina, Ketut Queena, Komang Tri Werthi, dan Hesti Wedi Astuti. “Literasi Digital Bagi Pendidik Indonesia dan Implementasinya Dalam Proses Pembelajaran Pasca Pandemi.” 2021 2 (t.t.): 109–14.
Kholik, Nur. Potret Pendidikan dan Guru di Masa Pandemi Covid-19. 1 ed. Jawa Barat: Edu Publisher, 2021.
Latip, Abdul. “Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19.” 2020 1 (Juni): 107–15.
Lubis, Metha. “Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0.” 2019 4 (t.t.): 68–73.
Nasution, Syaiful. “Pentingnya Literasi Teknologi Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika.” 2018 2 (t.t.): 14–18.
Risdianto, Eko. “Analisis Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0.” 2019, t.t., 1–16.
Rubiyatno. Peran Akademis di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 dalam Mengembangkan IPTEK. 1 ed. Semarang: CV. Harian Jateng Network, 2019.
Simamata, Janner, dan Rahmi Ramadhani. Pendidikan di Era Revolusi 4.0 Tuntutan, Kompetensi dan Tantangan. 1 ed. Yayasan Kita Menulis, 2020.
Sulianta, Feri. Literasi Digital, Riset, Perkembangannya dan Perspektif Social Studies. 1 ed. Bandung: Universitas Widyatama, 2020.
Surani, Dewi. “Studi Literatur: Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0.” 2019 2 (t.t.): 456–69.
Zam, Embung. “Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19.” 2021 1 (t.t.): 9–18.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1045
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.