Keefektifan Penggunaan Majalah Eduscience Berbasis HOTS Terintegrasi Karakter Pada Tema 6 Panas Dan Perpindahannya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan majalah eduscience dalam melatih HOTS terintegrasi karakter pada tema 6 panas dan perpindahannya di SD Muhammadiyah Purworejo. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design, dalam penelitian ini kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Di dalam desain penelitian terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu lembar pretest dan posttest, observasi karakter dan keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian (1) Hasil observasi karakter kelas eksperimen diperoleh rata rata 3.6 dengan kategori sangat baik dan kelas kontrol diperoleh rata rata 3.1 dengan kategori baik. (2) Nilai keterampilan HOTS yaitu dari nilai pretest kelas eksperimen dengan rerata 48 kriteria cukup dan hasil posttest kelas eksperimen dengan rerata 86 kriteria sangat baik. (3) Analisis uji t Majalah Eduscience terhadap HOTS menunjukkan bahwa Fhitung >Ftabel yaitu 9.837 > 1.73406, sementara analisis uji t Majalah Eduscience terhadap karakter menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 3.391 > 1.73406. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Majalah Eduscience dengan HOTS dan karakter pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fiidami, I. N., Ngazizah, N., & Purworejo, U. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Majalah Bedhug the Development of Teaching Materials in the Form of the Bedhug Magazine Based on Islamic Characters in Class V Basic School. 2(1), 85–94.
Intan, F. M., Kuntarto, E., & Alirmansyah, A. (2020). Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Pembelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(1), 6. https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i1.1666
Masnur, & Nadar. (2020). Pengembangan SSP HOTS untuk Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Edumaspul, 4(2), 115–121.
Pratiwi, N., Gardjito, G., & Hamidah, A. (2018). Pengembangan Majalah Biologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Pokokbahasan Protista Kelas X Mia Di Sma N 7 Kota Jambi. Biodik, 3(1), 27–34. https://doi.org/10.22437/bio.v3i1.4880
Pratiwi, W., & Alimuddin, J. (2018). Pengembangan bahan ajar bermuatan High Order Thinking Skill ( HOTS ) pada pembelajaran tema persatuan dalam perbedaan. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1, 531–538.
Rosyad, A. M., & Zuchdi, D. (2018). Aktualisasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah dalam pembelajaran IPS di SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 79–92. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i1.14925
Sahlan, Asmaun & Prastyo, A. (2016). Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter.
Sugiyono. (2019). Buku Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Research and Development (R&D). Alfabeta.
Widodo, A., Indraswati, D., Radiusman, R., Umar, U., & Nursaptini, N. (2020). Analisis Konten HOTS dalam Buku Siswa Kelas V Tema 6 “Panas dan Perpindahannya” Kurikulum 2013. Madrasah, 12(1), 1–13. https://doi.org/10.18860/mad.v12i1.7744
Widoyoko, E. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolah Edisi Revisi. Pustaka Pelajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1046
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Sartika Sartika, Nur Ngazizah, Supriyono Supriyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.