Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini Dengan Penguatan Pendampingan Keluarga

Rendra Agung Prabowo, Kodrad Budiyono, Norhalimah Norhalimah

Abstract


Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam kehidupan anak. Keluarga memberi peran yang sangat penting dalam upaya mengembangkan kepribadian anak begitu pula dalam membangun budaya literasi anak di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk konsep penguatan peran keluarga dalam membangun literasi pada anak. Metode penelitian yang dilakukan dengan metode library research dan analisis data menggunakan teknik content analisis. Hasil penelitian mengemukakan bahwa literasi merupakan pertimbangan yang penting dalam pengembangan diri anak. Budaya literasi pada anak usia dini bukan hanya terfokus pada membaca dan menulis saja, akan tetapi juga melibatkan beberapa proses komunikasi yaitu menyimak atau mendengarkan, anak mampu berpikir kritis, logis, dan pengembangan kecerdasan bahasa secara lisan. Diantara upaya orang tua untuk mengenalkan budaya literasi pada anak usia dini adalah: menyediakan perpustakaan mini di dalam rumah dan membacakan buku cerita kepada anak supaya mengapresiasi budaya literasi sejak usia masih dini. Keaktifan orang tua sangat berperan dalam upaya membangun budaya literasi anak usia dini. Sebagaimana yang diharapkan orang tua akan lahir generasi yang mampu berpikir kritis, logis, dan pengembangan kecerdasan bahasa secara lisan. Jadi literasi harus kita bangun sejak dini. Membangunnya dimulai dari rumah kita masing-masing.


Keywords


Budaya Literasi, Anak Usia Dini, Keluarga

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Farid, dkk, Media Literasi Sekolah, Semarang: CV.Pilar Nusantara, 2021.

Aswasulasikin, dkk, Penciptaan Lingkungan Ramah Literasi Melalui Partisipasi Masyarakat, Jurnal Dimaswadi, Vol. 1 No. 1, Januari 2020.

Dina, Desilfa Nur Fadli & Rita Nurunnisa, Penerapan Peran Keluarga Untuk Menanamkan Literasi Dari Sejak Dini, Jurnal Ceria, Vol.4, No.2, 2021.

Fikri Aulinda, Imanda, Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Di Era Digital, Tematik, Vol. 6, No. 2, Desember 2020.

Indriani, Rini, & M. Yemmardotillah, Literasi Digital Bagi Keluarga Milenial Dalam Mendidik Anak Di Era Digital, Journal of Science and Research, Vol.2, No.2, Juli 2021.

Irna, Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Implementasi Literasi Keluarga, Vol.1, No.1, 2019.

Mukhtar, Nurkamelia, & Rizka A, Peran Orang Tua Dalam Pengenalan Budaya Literasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di Tk Cahaya Bunda Lhokseumawe, ThufuLA, Vol.7, No.2, Juli-Desember 2019.

Musthofa, Wakhid, Psikoedukasi Literasi Anak Usia Dini Berbasis Keluarga, Vol.1, No.1, 2017.

Nurhayati, Ria, Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini dalam Keluarga, Jurnal Pembangunan Masyarakat, Vol. 4 No. 1, Juni 2019.

Setiawan, Roosie, Seri Manual GLS Menumbuhkan Budaya Literasi di Rumah, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019.

Solihat, Ilmi, dkk, Literasi Cerita Anak Dalam Keluarga Berperan Sebagai Pembelajaran Pembentuk Karakter Anak Sekolah Dasar, JPSD, Vol. 4 No. 2, September 2018.

Sumaryanti, Lilis, Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng, Journal Basic Of Education, Vol.03, No.01, Juli-Desember 2018.

Trygu, Studu Literatur Problem Based Learning untuk masalah Motivasi bagi siswa dalam Belajar Matematika, Jawa barat: Guepedia,2020.

Wuryani, Woro, & Via Nugraha, Pendampingan Keluarga terhadap Literasi Baca Buku kepada Anak di Kecamatan Bojongloa Kaler, Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.

Yulianingsih, Wiwin, dkk, Parenting Education dalam Literasi Budaya dan Kewargaan, Prosiding Seminar Nasional & Temu Kolegial Jurusan PLS Se-Indonesiaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.