Penggunaan Metode Mendongeng Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini

Petrus Jacob Pattiasina, Endang Fatmawati, Misna Wulandari

Abstract


Mendongeng adalah metode paling universal yang memiliki efek mendalam pada pikiran anak. Selain itu, mendongeng lebih berkesan dari pada memberikan nasehat langsung. Sehingga mendongeng merupakan cara yang efektif untuk menumbuhkan minat baca anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan studi pustaka. Dalam penelitian terhadap literatur ini, peneliti menggunakan berbagai sumber seperti artikel jurnal, buku, dan penelitian terkait dokumen dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini memberikan penjelasan bahwa penggunaan metode mendongeng dapat meningkatkan komunikasi, minat membaca, dan meningkatkan kepercayaan diri dari anak. Kegiatan mendongeng juga membuat anak memiliki fantasi dan imajinasi yang baik untuk bisa membuat karya-karya baru. Kegiatan mendongeng juga berimplikasi positif dalam mengembangkan kemampuan anak dalam mengembangkan salah satu kecerdasan anak abad 21 yaitu kemampuan anak untuk bisa berkomunikasi/mengomunikasikan berbagai hal yang menurut anak patut untuk disampaikan. Penelitian ini berkontribusi terhadap berbagai metode pembelajaran yang bisa membangun kecerdasan/karakter menjadi lebih baik dan berkembang sesuai dengan apa yang diharapkan.


Keywords


Minat Baca, Anak Usia Dini, Mendongeng

Full Text:

PDF

References


“298936-Menumbuhkan-Minat-Baca-Anak-Usia-Dini-Me-Cc876fe5.Pdf.” Accessed January 20, 2022. https://media.neliti.com/media/publications/298936-menumbuhkan-minat-baca-anak-usia-dini-me-cc876fe5.pdf.

Ahmad, Saidah. “Pembinaan Dan Pengembangan Minat Baca Anak Usia Dini.” Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1, no. 1 (June 1, 2019): 22–27. https://doi.org/10.30631/smartkids.v1i1.46.

“Analisis Kemampuan Berbahasa Dan Penanaman Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng | Pebriana | Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.” Accessed January 20, 2022. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/34.

“Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Minat Baca Anak | Arumdini | Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan.” Accessed January 20, 2022. https://jurnal.unpad.ac.id/jkip/article/view/8430.

Khoiruddin, M. Arif, Imam Taulabi, and Ali Imron. “Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini Di Taman Baca Masyarakat.” Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi 1, no. 2 (December 31, 2016): 291–319. https://doi.org/10.33367/psi.v1i2.295.

Nuryanto, Sidik. “Penggunaan Metode Read Aloud Untuk Mendongeng Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Audi : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD 1, no. 1 (2016). https://doi.org/10.33061/ad.v1i1.1208.

Pebriana, Putri Hana. “Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 1 (June 10, 2017): 1–11. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26.

“Pendidikan Anak Usia Dini - Google Books.” Accessed January 21, 2022. https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_Anak_Usia_Dini/O0xWEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pendidikan+anak+usia+dini+(konsep+dan+teori)&printsec=frontcover.

“Pengembangan Perpustakaan Negeri Dongeng Bahrul Ulum Untuk Meningkatkan Literasi Anak - Anak Dan Masyarakat Desa Giyanti | Community Empowerment.” Accessed January 20, 2022. https://journal.unimma.ac.id/index.php/ce/article/view/4522.

Purwandari, Septiyati, Putri Meinita Triana, Aftina Nurul Husna, and Annis Ika Mayawati. “Pengembangan Instrumen Keterlibatan Orangtua Dalam Menumbuhkan Minat Baca.” Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan 12, no. 2 (December 31, 2020): 119–36. https://doi.org/10.31603/edukasi.v12i2.4391.

Sari, Loesita, Yulita Pujiharti, and Naniek Kuscahyani. “Penggunaan Media Kartu Bergambar Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini Di Pos Paud Mutiara Bundaku Malang.” Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya 23, no. 1 (January 10, 2017): 47–52. https://doi.org/10.33503/paradigma.v23i1.368.

SP, Christina. Mengajar Membaca Itu Mudah. Alaf Media, 2019.

Sumaryanti, Lilis. “Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng.” Al-Asasiyya: Journal Of Basic Education 3, no. 1 (November 25, 2018): 117–25. https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332.

Suryana, Dadan. Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media, 2016.

Syafrina, Rizqi. “Meningkatkan minat baca anak usia dini dengan mendongeng.” Masyarakat Berdaya dan Inovasi 1, no. 2 (March 27, 2020): 83–85. https://doi.org/10.33292/mayadani.v1i2.18.

Wulandari, Ine. “Peningkatan Minat Baca Melalui Metode Dongeng Pada Anak-Anak Anggota Sanggar Ruang Aksara Gayamharjo Kabupaten Sleman Yogyakarta.” Jurnal Bakti Saintek: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi 1, no. 2 (August 31, 2017): 73–77. https://doi.org/10.14421/jbs.1156.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.