Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Pada Anak (Studi kasus kelurahan Paminggir di RT 05)

Eriek Satya Haprabu, Slamet Sudarsono, Purna Purna

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana orang tua mengembangkat bakat dan kreativitas anak di kelurahan Paminggir,  bentuk pola asuh orang tua untuk memantapkan kedudukannya sebagai pendidik utama dan pertama bagi anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Data yang sudah didapat kemudian direduksi, didisplay dan diverifikasi untuk mendapatkan data yang valid. Untuk menjamin keabsahan data maka peneliti menggunakan triangulasi sumber data dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam keluarga khususnya keluarga inti, terdapat beberapa komponen yang menyusunnya. Bakat dan Kreativitas anak merupakan suatu kemampuan yang penting untuk dikembangkan di berbagai elemen pendidikan. Dalam hal ini, para orangtua adalah sebagai pendidik utama dan pertama bagi anak. Kreativitas adalah sebagai suatu kekuatan atau energi (power) yang ada dalam diri individu. Energi ini menjadi daya dorong bagi seseorang untuk melakukan sesuatu  dengan cara atau untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Kreativitas anak di kelurahan Paminggir Rt 05 Kecamatan Paminggir Kota Hulu sungai Utara terbilang masih kurang atau belum tercipta, ini disebabkan perhatian dan pengawasan orang tua yang kurang dalam mengembangkan kreativitas anak-anaknya. Dapat di buktikan dengan tidak ada waktu yang cukup di berikan oleh orang tua mereka kepada anak-anaknya.


Keywords


Bakat, Kreativitas, Anak

Full Text:

PDF

References


Barkah lestari, Upaya Orang Tua Dalam Pengembangan Kreativitas Anak, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Volume 3 Nomor 1, April 2006

Eric Development Team, Parenting Style and Its Correlates, www,eric.ed.gov

Izabela dkk, Parent Creative Self-Concept and Creative Activity as Predictors of Family Lifestyle, International Journal Of Environmental Research And Public Health 2020,17,

Joan E. Durrant dkk, What is “Discipline” in the Age of Children’s Rights, International Journal Of Children’s Rights 25 (2017)

Kaisa aunola, Hakan Stattin dan jari-Erik, Parenting Styles And Adolescent’s Achievement Strategies, Journal Of Adolescene 2000,23

Murhima, Peran Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah, Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling, 6 Agistus 2017

Noviea, Menggambar dalam Mengembangkan Kreativitas dan Bakat Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Vol.6.No.1 tahun 2020

Olivia N. Handbook of research on the education of young children, (Francis: Routledge,2013)

Paul Torrance, Creativity in the Classroom, (united : library of Cataloging in publication date, 1977

Robert j dkk, How to Develop Student Creativity, (yale;ASCD,1996)

Saghir dkk, Play And Cognitive Development, Journal of Education and Practice. Vol,7,No.28,2016

Santrock john, perkembangan anak edisi 11, Jakarta; Erlangga 2009

Seana moran dkk, Creativity and development, (Amerika; Oxford, 2003)

Susanto Heri, Pola Asuh Orang Tua dalam mengembangkan Kreativitas anak (Studi Didesa Gondoriyo, Kec Bergas Kab Semarang, Vol. 4 No 1 Febuari 2019

Tri Nur Fadhilah, Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa, Vol 2 No 2, Tahun 2019

Yulianti Tri Rosana, Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini, Jurnal Empowerment Volume 4, Nomor 1 Februari 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.