Pengembangan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Indonesia MI Strategi SAD (Say And Do)

Muhammad Majdi, Nazwa Silviani, Sarmila Sarmila

Abstract


Pendidikan karater dalam hal ini adalah karakter religius dalam pendidikan dasar menjadi pondasi yang harus kita tanamkan dan kembangkan kepada peserta didik yang menjadi bekal utamanya dalam menjalani hidup sebagai makhluk sosial. Hal tersebut melatar belakangi penelitian ini yang mana peneliti mengintegrasikan antara pendidikan karakter religius dengan pembelajaran berbicara Bahasa Indonesia pada jenjang sekolah dasar dengan beberapa prinsip dalam pendidikan karakter religius seperti sikap menjalankan ibadah yang dianutnya, toleransi antar umat beragama, dan hidup rukun antar umat beragama. Metode penelitian jenis peneitian lapangan dan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian strateg SAD (Say and Do) berjalan dengan baik sesuai langkah-langkahnya yang terdiri dari bagian Menjelaskan materi, bertanya, menyebutkan cita-cita, diminta 2 orang maju kedepan kelas (1 menyebutkan cita-citanya dan 1 orang mempraktikkannya). Sedangkan korelasi pendidikan karakter religius dengan strategi SAD terdapat pada beberapa langkah penerapan strategi pembelajaran sesuai dengan indikator pendidikan karakter religius seperti salam, membaca doa, jujur, dan berakhlak mulia (menghargai pendapat orang lain).

Keywords


Karakter Religius, Pembelajaran Berbicara, Strategi SAD (Say and Do)

Full Text:

PDF

References


Ahsanulkhaq, Moh. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2, no. 1 (1 Juli 2019). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312.

Damanik, E. “Pengaruh Jenis Kelamin, Motivasi belajar, dan bimbingan karier terhadap cita-cita siswa.” Jurnal. Universitas Sanata Dharma 74 (2016).

Daryanto dan Suryatri, Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah.Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Hadi, Putra Pratomo. “METODE PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELAS VIII MTsN TEMON TAHUN PELAJARAN 2017/2018.” Suhuf 30, no. 1 (17 April 2018)

Harbani Pasolong. Etika Profesi. Nas Media Pustaka, 2020.

Moh Ahsanulkhaq, “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan,” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2, no. 1 (1 Juli 2019).

Moh Nazir, Metodologi Penelitian, Bogor : Gralia Indonesia, 2011.

Putra Pratomo Hadi, “METODE PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELAS VIII MTsN TEMON TAHUN PELAJARAN 2017/2018,” Suhuf 30, no. 1 (17 April 2018).

Rabiatul Adawiyah Siregar. KETERAMPILAN BERBICARA. Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim, 2021.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif Interaktif dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta, 2017.

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.