Pengembangan EMODI (E-Modul Interaktif) Materi Akhlak Terpuji dalam Pembelajaran Agama Islam Kelas 6 SD

Tubagus Faris Maulana Yusuf, Rika Nurhidayah, Tessa Salma Monika, Wulan Lestari, Ani Nur Aeni

Abstract


Pemanfaatan teknologi sebagai pendukung pembelajaran dirasa masih kurang terutama pada mata pelajaran agama Islam di SD. Kemajuan teknologi menghadirkan permasalahan yang menyangkut akhlak terpuji yang semakin hilang. Sehingga pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran agama Islam perlu dihadirkan, salah satunya melalui penggunaan EMODI (E-Modul Interaktif) materi akhlak terpuji di kelas 6 SD. Penelitian ini menggunakan model Design and Development (D&D) atau desain dan pengembangan, dengan prosedur penelitian menurut Peffers, dkk, yaitu: Identify the problem motivating the research, Describe the objectives, Design and develop the artifact, Subject the artifact to testing, Evaluate the results of testing, and Communicate those results. Hasil dari penelitian ini berdasarkan sudut pandang dari 8 guru dan 10 siswa sebagai pengguna atau ahli lapangan. Produk ini mendapatkan kategori “sangat baik” berdasarkan data yang telah dikumpulkan melalui google form. Sehingga penggunaan EMODI dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi akhlak terpuji di kelas 6.


Keywords


EMODI (E-Modul Interaktif), Akhlak Terpuji, Pendidikan Agama Islam.

Full Text:

PDF

References


Alawi, A, H, I. (2019). Pendidikan Penguatan Karakter Melalui Pembiasaan Akhlak Mulia. Jurnal Qira’ah, 9 (1), 17-29. https://doi.org/10.52005/belaindika.v1i1.6

Awwaliyyah, R., & Bahrun, H. (2018). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19 (1), 34-49. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4193

Aeni, A. N. (2014). Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50–58. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.863

Alim, Muhammad. (2006). Pendidikan Agama Isalm; Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Deni. (2012). Inovasi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Ellis, T.J., & Levy, Y. (2010). A Guide for Novice Researchers: Design and Development Research Methods. USA: InSITE

Miles, M. B., Huberman,A.M., & Saldana,J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.

Hidayat, T., dkk. (2018). Pendidikan Persfektif Islam, Peranannya dalam Membina Kepribadian Islami. Jurnal MUDARRISUNA, 8 (2), 218-244. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3397

Hasim, W., Kusen, K., Hartini, H., & Daheri, M. (2021). Perencanaan Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa Covid-19. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3884-3897.https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1147

Imron, A. (2019). Problematika Pembelajaran Akidah Akhlak di Sekolah Dasar. Sosio Dialektika, 4 (1), 1-16. https://doi.org/10.31942/sd.v4i1.3000

Moleong, Lexy. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muflihin, A., & Makhsun, T. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sebagai Kecakapan Abad 21. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 91-103. https://doi.org/10.30659/jpai.3.1.91-103

Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peffers, K., Tuunanen, T., Rothenberger, M. A., & Chatterjee, S. (2007). A design science research methodology for information systems research. Journal of Management Information Systems, 24(3), 45-77. https://doi.org/10.2753/MIS0742-1222240302

Russell, J. D. (1974). Modular instruction: a guide to the design, selection, utilization and evaluation of modular materials. Minneapolis: Burgess Publ.Co.

Richey, C Rita and Klein, D James. (2007). Design and Development Research Methdods, Strategies and Issues. Lawrence Erbaum Associates, Inc.

Risdoyok, R., & Aprison, W. (2021). Kerjasama guru pai dan orang tua dalam menghadapi pembelajaran selama covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2319-2335.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.819

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sobri, S. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Internalisasi Nilai-Nilai Moral di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2313-2320.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.900

Suharna. (2016). Evaluasi Pendidikan Persfektif Islam. Jurnal Qathruna,3 (2), 49-68. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/qathruna/article/view/20

Sulistyowati, Endang. (2012). “Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar.” Jurnal Al-Bidayah 4(1), 63–76. https://www.jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/19

Syukur, A. (2020). Akhlak Terpuji dan Implementasinya di Masyarakat. Misykat Al-Anwar: Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat, 3(2), 143-164. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/MaA16/index

Wijaya, C., dkk. (1988). Upaya Pembaharuan Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: Remadja Karya.

Wiyoko, T. Sarwanto., Rahardjo, DT (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Modul Elektronik Animasi Interaktif Untuk Kelas XI SMA Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 11-15. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/35581

Zuhairini,dkk. 1983. Metode Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.