Sejarah Pendidikan Islam Di Era Moderasi Di Muhammadiyah Rejang Lebong

Budiman - Budiman, Murniyanto Murniyanto, Deri Wanto

Abstract


Kajian adalah Faktor Penyebab Perkembangan Pendidikan Muhammadiyah K.H. Ahmad Dahlan.Tujuannya adalah untuk mengetahui apa yang muncul dari ide tersebut. Muhammadiyah adalah lembaga Pendidikan   modern dan pelopor  lembaga lainnya. Jenis survei ini adalah survei kepustakaan  yang menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Perkembangan pendidikan Islam modern di Indonesia bermula dari dikotomi masyarakat adat yang terdidik dengan baik pada masa penjajahan Belanda dan berbagai  pengaruh yang membentuk perkembangan sistem pendidikan Islam di Indonesia. Berawal dari semangat perubahan, meninggalkan kolonialisme Belanda, konsep pendidikan nasional (masyarakat adat, rakyat, nasionalis) mulai muncul, yang membantu pendidikan nasional dan mengobarkan nasionalisme. Filosofi pendidikan  Muhammadiyah menitikberatkan pada perpaduan antara keyakinan dan kemajuan dalam berpikir. K. H. Ahmad Daran juga berhasil memadukan dua ilmu yang berbeda dari menjadi satu Akibatnya, Pendidikan  Muhammadiyah  adalah pelopor dan pelopor pendidikan Islam modern. Reformasi Pendidikan oleh K.H. Ahmad Dalan menciptakan Lembaga Pendidikan Muhammadiyah yang berintegritas dalam sistem dan prakti pendidikannya, menjadi lembaga pendidikan  modern dan merintis lembaga pendidikan lainnya.


Keywords


Pendidikan Islam, Era Moderasi, dan Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


“293614-Pendidikan-Islam-Klasik-Telaah-Sosio-His-B072a915.Pdf,” n.d.

“328485-Politik-Dan-Sejarah-Sosial-Dalam-Pendidi-B3061f7c.Pdf,” n.d.

Abdullah, Nafilah. “K.H. Ahmad Dahlan (Muhammad Darwis).” Jurnal Sosiologi Agama 9, no. 1 (March 17, 2017): 22–37. https://doi.org/10.14421/jsa.2015.091-02.

al, Prof Dr H. Samsul Nizar, M. A. et. Sejarah Sosial dan Dinamika Intelektual Pendidikan Islam di Nusantara. Kencana, 2013.

Arsiyanti, Alifah, and Neiny Puteri Wulandari. “Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam 2019/2020,” n.d., 19.

“Ela Fatmawati_A92216069.Pdf.” Accessed November 20, 2021. http://digilib.uinsby.ac.id/38301/2/Ela%20Fatmawati_A92216069.pdf.

Gaol, Nasib Tua Lumban. “Sejarah Dan Konsep Manajemen Pendidikan,” 2020, 10.

“Ilmu Pendidikan Islam.Pdf.” Accessed October 7, 2021. http://repository.uinsu.ac.id/2839/1/Ilmu%20Pendidikan%20Islam.pdf.

M.A, Prof Dr H. Abuddin Nata. Sejarah Pendidikan Islam. Kencana, 2014.

Noor, Triana Rosalina. “Majelis Taklim Sebagai Transformator Pendidikan, Ekonomi Dan Sosial Budaya Pada Komunitas Muslimah Urban,” n.d., 19.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.