Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Digital

Babara Susyanto

Abstract


Era digital bukan hanya sekedar jargon. Pada kenyataannya, hingga saat ini, Indonesia masih memerlukan transformasi infrastruktur Informasi Teknologi, penegakkan kedaulatan data dan akhirnya undang-undang perlindungan data pribadi. Masalah-masalah yang terjadi pada hari ini, tidak dapat diselesaikan dengan cara-cara yang sama seperti dalam konsep lampau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan dan solusi dalam menghadapi Era Digital, adapun metode dalam penelitian ini adalah studi pustaka (Library Reseach). Era digital tidak mungkin hanya dihadapi dengan pengembangan teknologi tanpa melibatkan dinamika sosial di dalamnya. Selain menyiapkan daya saing yang unggul, perlu dibangun kesadaran dan kedewasaan masyarakat dalam menyikapi perkembangan dunia saat ini, terutama di zaman post truth, ketika informasi yang mengalir deras tanpa kejelasan kebenarannya. Perlu dirumuskan strategi kebijakan nasional melalui kesadaran dan kedewasaan berpikir dan juga pendidikan masyarakat perlu mulai diadaptasikan untuk memenuhi kebutuhan keahlian di era ini. Dari penelitian ini ada beberapa hal disarankan dalam menghadapi era digital adalah perlunya perubahan penerapan sistem pada lembaga pendidikan Islam ke arah transformasi digital, selain kompetensi inti, tenaga pendidik juga dituntut mempunyai sebuah kualifikasi dan kompetensi pendukung meliputi: kelincahan, inovasi, kreativitas, antisipasi, eksperimen, keterbukaan pikiran, dan networking (jejaring). Dengan ini semua manajemen lembaga pendidikan Islam di era digital ini dapat dijalankan sesuai dengan harapan semua pihak.

Keywords


Manajemen; lembaga pendidikan Islam; revolusi Era Digital

Full Text:

PDF

References


Amri, K. “Peran Perguruan Tinggi Dan Skill Guru Bimbingan Dan Konseling 4.0.” Konvensi Nasional Bimbingan dan Konseling XXI, no. April (2019): 27–29.

Astini, Sari, N. K. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura 11, no. 2 (2020): 13–25.

Astuti, S. B. Waluya, and M. Asikin. “Strategi Pembelajan Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi 4.0.” Seminar Nasional Pascasarjana 2019 2, no. 1 (2019): 469–473.

Astuti, S. B. Waluya, M. Asikin, Bimbingan Klasikal, and D I Sman. “Strategi Pembelajan Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi 4.0.” Seminar Nasional Pascasarjana 2019 2, no. 1 (2019): 469–473.

Budi Sutidjo Dharma Oetomo. “E-Education Konsep, Teknologi, Dan Aplikasi Internet Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Tambusai (2018): hal 52.

Dagong, Sukma Windhari. “Kompetensi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Smp Negeri 3 Kwandang” 9, no. 4 (2019).

Dali, Zulkarnain. “Hubungan Antara Manusia, Masyarakat, Dan Budaya Dalam Perspektif Islam.” Nuansa IX, no. 1 (2016): 47–57.

Halik, Abdul. “Peran Manajemen Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah.” Istiqra’ 5, no. 2 (2018).

Hidayah, N. “Aplikasi Cybercounseling Kognitif Perilaku Bagi Guru BK Di Era Revolusi Industri 4.0.” PD ABKIN JATIM Open Journal System (2020): 13–30. https://ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/13.

Kristiawan, Muhammad, and Syarwani Ahmad. “DESAIN PEMBELAJARAN SMA PLUS NEGERI 2 BANYUASIN III BERBASIS KARAKTER DI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN Instit Ut Agama Islam Ma ’ Arif NU ( IAIM NU ) Metro Lampung.” Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan 2, no. 2 (2017): 403–432.

Mangkunegara, Anwar Prabu. Perencanaan Dan Pengembangan SDM, 2009.

Manurung, Restika, Edi Harahap, Tahrun Tahrun, and Aris Suharyadi. “Manajemen Sarana Prasarana Di Sekolah Dasar Negeri 1 Kota Prabumulih.” Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan 2, no. 2 (2020): 168–177.

Nur, M, G D Pradipta, and O Maliki. “Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pjok Siswa Kelas Ix Di Mtsn 2 Semarang Selama Pandemi Covid–19.” Seminar Nasional … (2020): 108–125.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.