Pengembangan Video Animasi Light Pedia Sebagai Media Dakwah Dalam Pembelajaran di SD

Ani Nur Aeni, Mita Dewi Handari, Sakti Wijayanti, Wira Sakti Sutiana

Abstract


Kemajuan teknologi yang berkembang begitu pesat menjadi salah satu penyebab yang mendorong guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Tetapi, seorang guru juga harus tetap memperhatikan kebutuhan siswa dan kesesuaian materi pembelajaran yang diberikan guru kepada siswa. Salah satu pemanfaatan kemajuan teknologi pada dunia pendidikan adalah penggunaan media pembelajaran audiovisual untuk menyampaikan materi pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan desain dan pengembanagan video animasi Light Pedia sebagai media dakwah dalam pembelajaran di kelas 3 Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 MI Ketib Sumedang, dengan sampel penelitian sebanyak 24 siswa kelas 3B dan seorang guru kelas. Metode penelitian yang digunkan adalah metode D&D (Design and Development) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE. Hasil penilaian yang dilakukan ahli materi dan ahli media setelah menyaksikan penayangan video animasi Light Pedia mendapatkan nilai sangat baik dalam isi/materi dan desain video pembelajaran Light Pedia, yang diperkuat oleh penilaian dari siswa dan guru selaku pengguna video animasi Light Pedia. Berdasarkan penilaian tersebut, video animasi Light Pedia telah layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran.


Keywords


Video Animasi, Media Pembelajaran, Teknologi

Full Text:

PDF

References


Hazizah, Z., & Rigianti, H. A. (2021). Kesenjangan Digital di Kalangan Guru SD dengan Rentang Usia 20-58 Tahun di Kecamatan Rajabasa. Jurnal Pendidikan Modern, 7(1), 1–7.

Islam, U., Uin, N., & Semarang, W. (n.d.). MENGENALKAN DAKWAH PADA ANAK USIA DINI Siti Hikmah A . Pendahuluan sumber daya manusia ( SDM ) di masa depan . Dalam rangka memperbaiki kehidupan suatu bangsa . Memberikan perhatian yang lebih satu langkah yang tepat untuk menyiapkan generasi unggul yang . 34(1), 63–76.

Larasati, A. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran … Pengembangan Media Pembelajaran …. AL-Ahya, 01(01), 219–232.

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. JPGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903.

Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404

Ponza, P. jerry R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Kelas IV SD. Jurnal Edutech, 6(1), 9–19.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Solihatini, I. T., Abidin, Y., & Aljamaliah, S. N. M. (2021). Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pengembangan Media Video Motion Graphic dalam Pembelajaran Menulis Pantun pada Masa Pandemi Covid 19. Diksa: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 59–68.

Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/1129/pdf

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.