Analisis Terapi Do’a Dalam Menyelesaikan Masalah Peserta Didik Melalui Layanan Konseling Individual

Tina Musyofah, Idi Warsah, Hartini Hartini

Abstract


Secara umum do’a adalah perbuatan mengingat Allah dan keagungan-Nya dalam bentuk yang meliputi hampir semua bentuk ibadah, perbuatan baik, memohon, membaca AlQur’an, mematuhi orang tua, menolong teman dalam kesusahan dan menghindarkan diri dari kejahatan serta perbuatan zalim. dalam arti khusus do’a adalah menyebut nama Allah sebanyak- banyaknya dalam permohonan dengan memenuhi tata tertib, metode, rukun dan syarat sesuai yang diperintahkan Allah dan Rasul-Nya. Agar peserta didik mampu mengaktualisasikan potensi dirinya atau mencapai perkembangan secara optimal maka membutuhkan fasilitas. Fasilitas yang dimaksud untuk mencapai memperlancar proses perkembangan peserta didik, karena secara kodrati semua peserta didik berpotensi tumbuh dan berkembang untuk mencapai kemandirian secara optimal. Perkembangan peserta didik tidak terlepas dari pengaruh lingkungan baik itu fisik, psikis maupun sosial. Maka dari itu terapi do’a sangat penting untuk diberikan kepada peserta didik yang bermasalah, yang salah satunya bisa diberikan melalui layanan konseling individual pada tahap pembinaan. Konseling individual merupakan jenis layanan yang diberikan oleh konselor kepada klien untuk membantu menyelesaikan masalah klien yang berlangsung secara individual baik secara online maupun offline. Jurnal ini menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Yakni berkaitan dengan kajian teoritis dan beberapa referensi yang tidak lepas dari literatur- literatur ilmiah. Dari penelitian yang sudah dilakukan terapi do’a sangat tepat diberikan untuk membantu peserta didik menyelesaikan masalahnya melalui layanan konseling individual. Dalam bentuk setelah peserta didik menerapkan terapi do’a, maka dapat menumbuhkan auto-sugesti yang dapat membangkitkan rasa percaya diri dan optimisme yang keduanya merupakan hal yang mendasar bagi penyembuhan suatu penyakit maupun masalah.

Keywords


Psikoterapi do’a, Menyelesaikan Masalah Peserta didik, Konseling Individual.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Yusuf Al-Hajj. Panduan Pengobatan Islami. Solo: PT. Aqwam Media Profetika. 2016

Alang, Sattu. Kesehatan Mental. Makassar: Alauddin University Press. 2011

Hikmawati, Fenti. Bimbingan dan Konseling Perspektif Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada. 2015

Rahayu, Iin Tri. Psikoterapi, Perspektif Islam dan Psikologi kontemporer. Malang: UIN Malang Press. 2009

Ridwan. Konseling dan Terapi Qur’ani. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2018

Sattu, Alang M. Kesehatan Mental dan Terapi Islam. Makassar: CV. Berkah Utami Makassar.

2006

Simanjuntak, Julianto. Konseling Gangguan Jiwa & Okultisme: Membedakan Gangguan Jiwa dan Kerasukan Setan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2008

Sholikhin, M. Terapi Sufistik Penyembuhan Penyakit Kejiwaan Perspektif Tasawuf. Bandung: CV Pustaka Setia.2003.

Suranto, Adji. Terapi Madu. Bogor: Penebar Swadaya. 2007

Vanela, Yanita. Doa Sebagai Metode Psikoterapi Islam untuk Kesehatan Mental Pasien di

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Hi. Abdul Moeloek Bandar Lampung. Skripsi. Bandar Lampung: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2016

W, Ahsin. Fiqih Kesehatan. Jakarta: Amzah. 2010

Hartini, Fadila, Teknik Labor Konseling 1, Lp2 STAIN Curup: Curup, 2013

SofyanS. Willis, Konseling Individual Teori dan Praktek, Alfabeta: Bandung, 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.