Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Di Madrasah Ibtidayah Negeri 9 Hulu Sungai Utara

Harlis Setiyowati, Enden Suryati, Rina Rina

Abstract


Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program yang dirancang untuk menilai mutu tiap satuan pendidikan seperti Sekolah, Madrasah atau kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. ANBK pertama kali dilaksanakan pada Tahun 2021. Adapun tujuan artikel ini disusun  untuk menganalisis pelaksanaan ANBK di Madrasah Ibtidayah Negeri 9 Hulu Sungai Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik deskriptif. Penelitian ini masuk kedalam jenis phenomenological research. Hasil penelitian menunjukkan, ANBK di MIN 9 HSU dilaksanakan secara mendiri dan online. Pelaksanaan ANBK terbagi menjadi tiga tahapan, tahapan pra ANBK, tahapan pelaksanaan ANBK dan tahapan pasca ANBK. Tahap pra ANBK meliputi kegiatan, sosialisasi, pengelolaan personalia, pengelolaan perserta, pengelolaan sarana dan prasarana. Pelaksanaan ANBK di MIN 9 HSU secara keseluruhan telah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dan berjalan lancar  tanpa adanya kendala yang berarti karena MIN 9 HSU memiliki tim personalia yang mumpuni, sarana dan prasarana yang terfasilitasi serta melakukan pembinaan peserta dengan sangat baik, terkecuali sistem server pusat yang mengalami gangguan dihari kedua pelaksanaan. Kegiatan pasca ANBK pun telah dilaksanakan proktor dan teknisi sesuai dengan petunjuk teknis yang ditetapkan.


Keywords


ANBK, MIN 9 HSU, Proktor

Full Text:

PDF

References


Abdaul Huda, Irkham. “Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran di sekolah dasar.” Jurnal pendidikan dan Koseling2 2, no. 1 (2020).

Anggito, Albi, dan Johan Setiawan. Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak, 2018.

Anih, Euis. “Modernisasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.” JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika) 4, no. 2 (November 2016).

Asrijanty. Petununjuk Teknis Asesmen Nasional Berbasis Komputer Tahun 2021. Jakarta: Pusat Asesmen Pendidikan, 2021.

Azikia. Pelaksanaan ANBK. WhatsAPP, 14 Desember 2021.

Catu Bagus, Handaru. “Administrasi Ujian Nasional (UN) Dengan Menggunakan Model Computerized Adavtipe Testing (CAT).” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 18, no. 1 (1 Maret 2012).

Dami. Survei Lingkungan Belajar. Wawancara: Tatap Muka, 8 Desember 2021.

Hamzah, Amir. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Malang: Literasi Nusantara, 2020.

Hidayatullah, Syarif, Ismail Marzuki, dan Lukmanul Hakim. “UNBK: Transformasi Sistem Evaluasi Standar Nasional di Era Revolusi Industri 4.0.” Tadarus Tarbawy 2, no. 1 (Juni 2020).

H.R, Budiana, Sjafirah N.A, dan Bakti I. “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru SMPN 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis.” Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat 4, no. 1 (Mei 2015).

Ihsana, Amalia. pelaksanaan ANBK. Wawancara: Tatap Muka, 8 Desember 2021.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Nasional. “Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2021.” Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 030/H/PG.00/2021, 9 Agustus 2021.

Khairati. Dampak ANBK. Wawancara: Tatap Muka, 17 Desember 2021.

———. Penentuan Tim Personalia. Wawancara: Tatap Muka, 17 Desember 2021.

Khasanah, Uswatun. “Analisis Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Madrasah Aliyah di Kota Tangerang Selatan (Studi Kasus di MAN 1 Kota Tangerang Selatan dan MA Al Amanah Al Gontory).” Tesis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020.

Mamik. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher, 2015.

Mamis, Subria. “Analisis Pengelolaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Dan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara.” Tesis, Universitas Hasnuddin Makassar, 2017.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. “Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi nomor 17 tahun 2021 Tentang Asesmen Nasional.” berita Negara Republik Indonesia Thaun 2021 Nomor 832, 12 Juli 2021. jdih.kemdikbud.go.id.

Nursyam. “Efektivitas Pelaksanaan Ujian Nasional Tingkat Sekolah Menengah Atas Negeri Oleh Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah.” Jurnal Katalogis 5, no. 9 (September 2017).

Ratna Wulan, Ana. “Pengertian dan Esensi Konsep Evaluasi, Asesmen, Tes. dan Pengukuran.” Jurna, FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia 1, no. 2 (2007).

Restiyani, Rusi, Nengssih Juanengsih, dan Yanti Herlanti. “Profil Pemanfaatn Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Madia dan Sumber Pembelajaran.” EDUSAINS VI, no. 01 (2014).

Setiyowati, H., Thalib, S., Setiawati, R., Nurjannah, N., & Akbariani, N. V. (2022). AN AQUACULTURE DISRUPTED BY DIGITAL TECHNOLOGY. AUSTENIT, 14(1), 12–16. https://doi.org/10.5281/zenodo.6499775

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, CV, 2020.

Sulisworo, Dwi, Tri Wahyuningsih, dan Dikdik Baehaqi Arif. “Hibah Materi Pembelajaran Non Konvensional: Identitas Nasional.” Universitas Ahmad Dahlam, 2012.

WIdya, Adi. “Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1 (1 April 2019).

Widyastono, Herry. “The Use of Information and Comunication Technology in Junior High school Accreditation of A In The East Java Province.” Kwangsan 5, no. 1 (Juni 2017).

Yulianto, Aries. “Computerized Adaptive Testing (CAT) Bukan Sekedar Online Testing.” Buletin KPIN 6, no. 23 (11 Desember 2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.