Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Pembuatan Media Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah/Madrasah

Aji Prayetno, Desty Kurniaty, Yefni Novalia, Hartini Hartini, Haris Agustian

Abstract


Tujuan dalam pelaksanaan pelatihan ini adalah media pamflet penyuluhan, media persentase untuk layanan klasikal, poster 3D dengan layanan video dan audio, dan pamflet kegiatan. Metode yang digunakan adalah: Dukungan untuk kuliah, latihan, tanya jawab, dan  pembuatan media online. Materi yang diberikan adalah media layanan konsultasi dan jenis media layanan konsultasi, media layanan konsultasi berbasis IT, pengenalan media aplikasi Canva dan praktik berkelanjutan media aplikasi Canva, brosur, poster konsultasi, panduan online. Pembuatan poster layanan multimedia, yaitu termasuk video audio,  animasi-animasi, dan media persentase untuk layanan klasikal. Hasil survei adalah sebagai berikut. (1) Hasil pelatihan yaitu sebanyak 91% peserta menunjukkan bahwa pelatihan  memberikan manfaat yang  besar bagi layanan bimbingan dan konseling dan tersedianya berbagai media layanan untuk kegiatan KBM. (2) Setelah pelatihan, lebih banyak media penyuluhan dan orientasi akan dibuat menggunakan aplikasi Canva. Dihadiri 16  perwakilan guru BK dari SMP, MT, SMA/MA dan SMK se-Bengkulu, Rejang Lebong, Kepahiang dan Musi Rawas. Peserta sudah sangat mahir menggunakan aplikasi Canva. Dengan demikian hal ini menunjukkan bahwa pelatihan ini memberikan pengaruh yang  besar dalam perancangan media yang  digunakan dalam pelaksanaan layanan konseling di  sekolah


Keywords


Aplikasi Canva, Media Layanan Bimbingan dan Konseling

Full Text:

PDF

References


Anwar Hafid, Et.al. “Konsep Dasar Ilmu Pendidikan (Dilengkapi Dengan UU Sistem Pendidikan Nasional No 4 Tahun 1954, No 2 Tahun 1989 Dan No 20 Tahun 2003).” In Bandung: Alfabeta, hal. 178., 2013.

Ardimen dan Zuwirda. “Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Dan Konsorsium Keilmuan BK Di PTKI Batusangkar, 28 – 29 November 2015” 2015, no. November (2015): 28–29.

Garris Pelangi. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA.” Jurnal Sasindo Unpam 8, no. 2 (2020): 1–18.

Hartini, Hartini. “Perkembangan Fisik Dan Body Image Remaja.” Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 1, no. 2 (2017): 27.

Pendidikan Ekonomi Undiksha, Jurnal, and Andi Tenri Ampa. “Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva” 12, no. 2 (2020). Accessed January 22, 2022. www.canva.com.

Saman, Abdul, Nur Fadilah Umar, Muhammad Ilham Bakhtiar, and Akhmad Harum. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Membuat Media Bimbingan Dan Konseling Bagi MGBK Kabupaten Gowa” 4, no. 1 (2021).

Setyawan, Bambang. “Pengembangan Media Google Site Dalam Bimbingan Klasikal Di SMAN 1 Sampung.” Nusantara of Research : Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri 6, no. 2 (2019): 78–87.

Sholeh, Muhammad, Rr. Yuliana Rachmawati, and Erma Susanti. “Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm.” SelaparanG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 4, no. 1 (November 2, 2020): 430–436. Accessed January 22, 2022.

Sudarmiyati, Sri. “Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Era Digital.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL Strategi Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Era Disrupsi (2018): 159–166.

Winkel. “Pengantar Bimbingan Dan Konseling.” Jakarta: Gramedia Pustaka Utama (1987): hal 105.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.