ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF MADRASAH

Wahyu Iskandar

Abstract


Madrasah memiliki peran strategis dalam pembangunan bangsa. Saat ini
pendidikan madrasah masih dianggap pendidikan “kelas dua”. Hal ini terjadi karena penyelenggaraan madrasah masih menghadapi sejumlah masalah besar mulai seperti persoalan pengelolaan dan rendahnya mutu pendidikan madrasah. Tulisan ini dimaksudkan untuk memberi gambaran tentang kiprah madrasah dalam sistem pendidikan di Indonesia, permasalahan madrasah, peluang, dan tantangan madrasah. Madrasah telah menjadi bagian dari sistem pendidikan nasional. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah studi kepustakaan dengan mengumpulkan data sekunder dari berbagai sumber buku dan jurnal, kemudian melakukan analisis deskriptif data yang dipaparkan secara detil. Berbagai persoalan dihadapi madrasah antara lain pengelolaan pendidikan, kesenjangan antara negeri dan swasta, mutu madrasah, sampai kepada peluang dan tantangan tersendiri bagi madrasah di Indonesia pada saat ini.

Keywords


Madrasah, Pendidikan, peluang Madrasah

Full Text:

PDF

References


Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam : Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Basrowi, Suwandi. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Djumransjah, HM dan Abdul Malik Karim Amrullah. Pendidikan Islam.

Malang: UIN Malang Press, 2007.

Ibn Al-Asy’ats, Abu Daud Sulaiman. Sunan Abi Dawud. Jilid 4. Cairo: Dar Al- Hadits, 1988.

Ibn Hanbal, Ahmad Ibn Muhammad. Al-Musnad. jilid. Beirut: Maktabah Al- Turats Al-Islamiy, 1994.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. Pendidikan Karakter Perspektif Islam.

Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Masyhud, M. Sulthon, dan Moh. Khusnurdilo. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka, 2005.

Maunah, Binti. Perbandingan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras, 2011. Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Mujib, Abdul. Kepribadian Dalam Psikologi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Mulyana, Deddy. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Nata, Abuddin. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada,2003.

Rahmaniyah, Istighfarotur. Pendidikan Etika : Konsep Jiwa dan Etika Perspektif Ibnu Miskawaih Dalam Kontribusinya di Bidang Pendidikan. Malang: UIN Maliki Press,2010.

Ramayulis dan Samsul Nizar. Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam, Mengenal Tokoh Pendiikan di Dunia Islam dan Indonesia. Ciputat: PT. Ciputat Press Group, 2005.

Setiawan, Agus. Prinsip Pendidikan Karakter dalam Islam (Studi Komparasi Pemikiran al-Ghazali dan Burhanuddin al-Zarnuji), Dinamika Ilmu, 14 (1), 2014

Syahidin. Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an. Bandung: CV. Alfabeta, 2009.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003. Zuhairini dkk. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i1.109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.