Pembentukan Karakter Religius Siswa Di SDN 1 Palam Banjarbaru

Rizal Firdaus, Fadllurrohman Fadllurrohman, Amalia Amalia

Abstract


Di era globalisasi dan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, pendidikan karakter menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan peserta didik agar tidak terbawa arus pengaruh negatif. Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan salah satu bentuk kebijakan pemerintah yang menekankan perubahan cara berpikir, bersikap dan bertindak menjadi lebih baik. Salah satu nilai karakter prioritas dalam kebijakan ini adalah nilai religius. Nilai religius adalah hal paling penting dalam pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembentukan karakter religius di SDN 1 Palam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN 1 Palam melaksanakan kegiatan yang diharapkan dapat mengembangkan karakter religius peserta didik, diantaranya adalah melalui pembacaan doa sebelum dan sesudah belajar, shalat Dhuha dan shalat Dzuhur berjamaah, kegiatan Jum’at Takwa, serta tahfidz Quran.


Keywords


Pendidikan, Pembentukan Karakter, Religius

Full Text:

PDF

References


Ainissyifa, Hilda. “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Universitas Garut 08, No. 01 (2014). http://dx.doi.org/10.52434/jp.v8i1.68.

Anam, Wahid Khoirul. “Pembentukan Karakter Religius Siswa di Madrasah.” Dimar: Jurnal Pendidikan Islam 1, No. 1 (2019).

Aryani, Ine Kusuma. “Mengantisipasi Degradasi Moral di Masa Pandemi.” Primary 1, No. 1 (2021).

Fahmi, Muhammad Nahdi, dan Sofyan Susanto. “Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar.” Pedagogia: Jurnal Pendidikan 7, No. 2 (2018). https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1592.

Firdaus, Rizal., “The Concept of Triple Helix Mohammad Natsir and its Implementation in Strengthening Religious Character Education,” EDUTEC : Journal of Education And Technology 4, no. 1 (2020), https://doi.org/10.29062/edu.v4i1.84.

Hambali, Muh., dan Eva Yulianti. “Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di Kota Majapahit.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan 05, No. 02 (2018). https://doi.org/10.33650/pjp.v5i2.380.

Hendayani, Meta. “Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, No. 2 (2019). https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368.

Jannah, Miftahul. “Metode dan Strategi Pembentukan Karakter Religius yang Diterapkan di SDTQ-T An-Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4, No. 1 (2019). http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i1.178.

“KBBI Daring.” Diakses 8 Januari 2022. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pendidikan.

“KBBI Daring.” Diakses 8 Januari 2022. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/karakter.

Khoiruddin, M. Arif, dan Dina Dahniary Sholekah. “Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan 6, No. 1 (2019). https://doi.org/10.33650/pjp.v6i1.576.

Kurniawan, Moh. Wahyu. “Penguatan Karakter Religius Berbasis Budaya Sekolah di SD Muhammadiyah 4 Batu.” Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an 8, No. 2 (2021). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1393.

Kusuma, Destiara. “Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah.” Jurnal Kewarganegaraan 2, No. 2 (2018).

Mey R., Aflahul Awwalina, Trisakti Handayani, dan Rose Fitria Lutfiana. “Analisis Implementasi Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Karakter 12, No. 2 (2021). https://doi.org/10.21831/jpka.v12i2.35499.

Ningsih, Tutuk. Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Press, 2015.

Nurbaiti, Rahma, Susiati Alwy, dan Imam Taulabi. “Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan.” El Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education 2, No. 1 (2020). https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995.

Raco, J.R. Metode Penelitian Kualitatif; Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo, 2010.

Siyoto, Sandu, dan M. Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

Sudrajat, Ajat. “Mengapa Pendidikan Karakter?” Jurnal Pendidikan Karakter 1, No. 1 (2011). https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316.

Sujana, I Wayan Cong. “Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4, No. 1 (2019). http://dx.doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Wahyuni, Tri. “Pembacaan Al-Qur’an di Ruang Publik: Refleksi Pembentukan Karakter Religius Siswa di Tengah Kepanikan Moral.” As Sibyan: Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar 2, No. 1 (2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.