Analisis Soal Dalam Buku Esps Matematika Kelas IV SD/MI Materi Bilangan Bulat Berdasarkan Taksonomi Bloom

Hardika Saputra, M. Fahmi Arifin, Rahmatul Husna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kognitif soal-soal latihan yang terdapat dalam buku Esps Matematika Kelas VI kurikulum 2013 yang ditulis oleh Gunanto dan Dhesy Adhalia yang diterbitkan oleh Erlangga materi Bilangan Bulat berdasarkan Taksonomi Bloom. Aspek kognitif menurut Taksonomi Bloom meliputi 6 tingkatan kognitif dari tingkat kognitif terendah hingga tingkat kognitif tertinggi, yakni C1 (Mengingat), C2 (Memahami), C3 (Mengaplikasikan), C4 (Menganalisis), C5 (Mengevaluasi) dan C6 (Mencipta). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi pustaka. Pada penelitian ini soal-soal dalam buku ESPS Matematika kelas VI materi Bilangan Bulat akan dicermati, diobservasi, dan kemudian dianalisis kemudian dipersentasikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah soal pada materi bilangan bulat ada 105 butir soal, setelah dianalisis maka soal-soal ini dapat diklasifikasikan menjadi tingkat kognitf C1 sebesar 19,05 %, tingkat Kognitif C2 sebesar 4,76 %, tingkat kognitif C3 sebesar 74,29 %. dan tingkat kognitif C4 sebesar 1,9 %. Tidak ditemukan soal pada tingkat kognitif C5 dan C6. Soal-soal pada buku ini sudah lumayan variatif, tetapi untuk pembagian dalam setiap aspek kurang merata yang dapat dilihat dari jumlah persentase yang berbeda jauh.


Keywords


Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif, Soal, Matematika, Buku.

Full Text:

PDF

References


Abdi Mirzaqon dan Budi Purwoko. “Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing,” t.t.

Agustina, N. K. “Analisis Soal dalam Buku Teks Matematikan SMP Kelas VII Berdasarkan pada Bloom Revisi Taksonomi.” Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, 2018.

Anugeraheni, Indri. “Analisis kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Bilangan Bulat Berbasis Media Realistik” 9, no. 3. 2019.

Anugrahana, Andri. "Analisis Kesalahan Matematika Konsep Operasi hitung Bilangan Bulat Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar". 5, no. 2. 2020.

BSNP. Deskripsi Instumen I Penilaian Buku Teks Matematika. Jakarta: Badan Standar Penilaian Pendidikan, 2014.

Fatimah, Siti. Matematika Asyik dengan Metode Pemodelan. Bandung: DAR Al Mizan, 2009.

Giani, Zulkardi, dan Cecil Hiltrimartin. “Analisis Tingkat Kognitif Soal-Soal Buku Teks Matematika kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom,” 2015.

Gunanto dan Dhesy Adhalia. Esps Matematika Kelas VI. Jakarta: Erlangga, 2016.

Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

Kemendiknas. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2008. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional, 2008.

Nisa. “Kesesuaian Buku Teks Kurikulum 2013 Untuk Siswa Dengan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Kelas VII,” 2016.

Nurmutia, H.E. “Analisis Materi, Penyajian dan Bahasa Buku Teks Matematika di Kabupaten Rembang.” Universitas Negeri Semarang, 2013.

Patri, S. F. D dan Heswari, S. “Etnomatematika Dalam Seni Anyaman Jambi Sebagai Sumber Pembelajaran Matematika”. 2 no. 2. 2022.

Prasetya, I. Y. “Analisis Soal-Soal Buku Ajar Matematika Kelas VII Ditinjau dari Taksonomi Bloom Revisi.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

Prastica, Febriana Rica. “Analisis Soal Buku Teks Matematika SMP Kelas VII Semester I berdasarkan Pada Taksonomi Bloom Revisi.” Institut Agama Islam Negeri Salatiga, 2020.

Rufiana, I. S. “Level Kognitif Soal Pada Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII untuk Pendidikan Menengah.” 3, no. 2. 2015.

Zulkardi. Developing a Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Enschede: University of Twenty, 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.