Pengembangan E-Book Cerita Bergambar “Kino dan Kiya Anak Sholeh” Sebagai Media Dakwah Untuk Siswa SD Kelas 1

Anisa Rahmaniyah, Dea Kania, Nur Ela, Siti Deti Nurhamidah, Ani Nur Aeni

Abstract


Zaman yang semakin maju membuat kemajuan Teknologi semakin tinggi, terutama dalam bentuk media sosial sehingga menimbulkan pro dan kontra, menimbukan kecanduan yang berakibat negatif dan posifif salah satunya yang terjadi pada siswa sekolah dasat dimana penggunaan gadget yang dibiarkan akan berakibat fatal pada anak. Terlebih dimasa pandemi yang membuat siswa harus melakukan sekolah daring. Maka dengan itu perlu adanya inovasi terbaru yang dapat menunjang pembelajaran siswa salah satunya dengan adanya e-book. Penelitian ini menggunakan metode DnD dengan objek penelitian adalah ebook yang di uji cobakan kepada siswa kelas 1 SD. Hasil uji coba mengenai ebook adalah ebook dirasa sudah cukup sebagai buku untuk penunjang pembelajaran PAI kelas 1 Sekolah Dasar tentunya dikaitkan dengan sepuluh materi pembelajaran PAI. Beberapa hal yang perlu ditingkatkan dari ebook ini adalah mengenai doa-doa yang harus lebih disisipkan lagi untuk mempermudah siswa melafalkan. Penelitian ini berkontribusi terhadap pengembangan media dakwah di kalangan anak-anak usia sekolah dasar.


Keywords


E-Book, Cerita Bergambar, Media Dakwah, Sekolah Dasar

Full Text:

Untitled PDF

References


Aeni, A. N. (2014). Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50-58.

Aeni, A. N. (2017). Hifdz Al-Quran: Program Unggulan Full Day School. TARBAWY, Vol. 4, Nomor 1, 32

Aeni, A. N. (2015). MENJADI GURU SD YANG MEMILIKI KOMPETENSI PERSONAL- RELIGIUS MELALUI PROGRAM ONE DAY ONE JUZ (ODOJ). Mimbar Sekolah

Dasar, 2(2), 212-223. doi:http://dx.doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1331.

Damayanti, lely. 2016. Pengaruh Media Cerita Bergambar Terhadap Kehidupan Sosial Anak Didik Kelompok B TK Desa Ngepeh Saradan Madiun.Madiun : PG PAUD IKIP PGRI Madiun.Vol. 3, No. 2. http://e-journal.unipma.ac.id/ index.php/JPAUD/article/view/54

Firmansyah, F. H., Fajriyah Aldriani, S. N., & Dewi, E. R. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mata Pelajaran Matematika untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(2), 101–110. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i2.29783

Kurnia, Dadan & Aeni, Ani N. Indikasi Bullying Fisik pada Siswa SD dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Akhlak Menurut Tuntunan Agama. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 97-115. doi:http://dx.doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11641.

Masruro, L., & Gunansyah, G. (2018). Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi IPS Kelas III SD YPI Darussalam Cerme-Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).

M. munir dan Wahyu ilahi, Manajemen Dakwah, Jakarta, Thn 2006, Hal 58

Ponza, P. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Kelas IV SD. Jurnal Edutech, 6, 9–19.

Riyadhus, E., Untuk, S., Handphone, H. P., & Chtml, B. (2011). TUGAS AKHIR E-book Riyadhus Shalihin Untuk HP (HandPhone) Berbasis CHTML.

Ummah, A. H. (2020). Dakwah Digital dan Generasi Milenial. Tasâmuh, 18, 54–78. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tasamuh/article/view/2151

Wulandari, R. (2021). Pemanfaatan media buku cerita bergambar dalam mengembangkan bahasa anak usia 5-6 tahundipaud kober harapan jaya kecamatan gedung meneng tulang bawang.

Zaini, A. (2014). Dakwah Melalui Media Ceta. At-Tabsyir: Jurnal




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.