Efektivitas iHSU Digital Library Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Madrasah Hulu Sungai Utara

Fadllurrohman Fadllurrohman, Lindawati Lindawati, Jamiah Jamiah

Abstract


Sistem digital library (perpustakaan digital) adalah penerapan teknologi informasi sebagai sarana untuk menyimpan, mendapatkan dan menyebarluaskan informasi ilmu pengetahuan dalam format digital atau secara sederhana dapat di analogikan sebagai tempat menyimpan koleksi perpustakaan yang sudah dalam bentuk digital seperti aplikasi yang sekarang di resmikan di Hulu Sungai Utara yaitu iHSU. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas ihsu digital library dalam meningkatkan minat baca siswa madrasah Hulu Sungai Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif analisis dengan tekhnik pengumpulan data observasi dan depth interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iHSU digital library dapat meningkatkan minat baca pada siswa di Hulu Sungai Utara, Karena tidak bisa dipungkiri lagi, sekarang siswa lebih banyak memegang handphone daripada buku mereka. Melalui iHSU digital library yang akan  memudahkan siswa untuk membacanya kapanpun dan dimanapun mereka mau. Sehingga diharapkan pemanfaatan iHSU digital library dalam meningkatkan minat baca siswa akan lebih efektif dan efisien.


Keywords


iHSU Digital Library, Minat Baca

Full Text:

PDF

References


Addin Zohrotul, ’Aini, Rihandoko, Sapna, dan Enggar. “Analisis Pengembangan Digital Library Untuk Meningkatkan Minat Baca.” Jurnal Dharma Pendidikan 14 (2019).

Andi Muhammad, Aminullah, Isymaya, Syahdan, Madinatul Munawwarah, dan Ridwan. “Meningkatkan Kesadaran Generasi Muda Terhadap Pengembangan Koleksi Digital Dalam Membangun Perpustakaan Digital Di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.” Journal Of Education, Psychology and Counselling 03 (2021).

Astuti, Yuli, dan Nurasmi. “Pengembangan Perpustakaan Digital Universitas Riau Dengan Program Library Management System (Slims).” Jurnal Gema Pustakawan 01 (2013).

Aziza Desy Asriana, Putri. “Persepsi Pemustaka Terhadap Koleksi Digital Talking Book Di Perpustakaan Digital Pertuni Dpd Jateng,” t.t.

Endang, Fatmawati. “Pemanfaatan Aplikasi Perpustakaan Digital iJateng Melalui Smartphone.” Profetik Jurnal Komunikasi 01 (2017).

Gianto, Rahman, dan Muhamad Sholeh. “Pengaruh Perpustakaan Digital Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Minat Baca Siswa Di Sma Nu 1 Gresik” 01 (2012).

Helinda, Firdausi, dan Syunu Trihantoyo. “Manajemen Layanan Perpustakaan Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 09 (2021).

Mubarok, Ramdanil. “Perpustakaan Digital Sebagai Penunjang Pembelajaran Jarak Jauh.” Jurnal Al-Rabwah 15 (2021).

Pendit, Putu Laxman. “Perpustakaan Digital: Kesinambungan dan Dinamika.” Jurnal Pustakawan Indonesia 10 (2009).

Rahman Saleh, Abdul. Pengembangan Perpustakaan Digital. Tangerang: Universitas Terbuka, 2015.

Ruddamayanti. “Pemanfaatan Buku Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca,” 2019.

Saihu. “Konsep Manusia Dan Implementasi Dalam Perumusan Tujuan Pendidikan Isam Menurut Murtadha Muthahhari.” Jurnal Pendidikan Islam 1 (2019).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung, 2016.

Yessy, Fitriani, Djamain Yesni, dan Kurniati Risalatulina Dwi. “Perancangan E-Katalog Pada Perpustakaan Digital Stt-Pln Berbasis Web.” Jurnal PETIR 09 (2016).

Yuadi, Imam. “Perpustakaan Digital Paradigma, Konsep, dan Teknologi Informasi yang Digunakan.” Jurnal Ilmu Informasi dan Pepustakaan FISIP, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

                

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: redaksi.almadrasah@gmail.com